Dishub Kota Semarang Uji Coba Pemindahan Bus di Terminal Terboyo Mulai 1 Desember

Status terminal Terboyo akan berubah dari tipe A menjadi tipe C sehingga kewenangannya beralih ke Pemkot Semarang

Dishub Kota Semarang Uji Coba Pemindahan Bus di Terminal Terboyo Mulai 1 Desember
Tribun Jateng/Yasmine Aulia Gunawan
Terminal Terboyo dalam pembangunan 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Status terminal Terboyo akan berubah dari tipe A menjadi tipe C sehingga kewenangannya beralih ke Pemkot Semarang. Terminal Terboyo nantinya akan dipakai untuk terminal parkir truk dan angkutan barang.

Terkait hal itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang tetap akan mulai memindahkan bus pada Jumat (1/11/2017). Hanya saja, Dishub Kota Semarang tidak langsung menutup dan melarang bus masuk ke terminal Terboyo.

"Besok (Jumat) tetap kami laksanakan pemindahan bus dari Terboyo ke Penggaron dan Mangkang. Hanya saja masih pengarahan dan sosialisasi dulu selama dua minggu ke depan," kata Kepala Bidang Angkutan Dishub Kota Semarang, Yatmin, Kamis (30/11/2017).

Sebagai persiapan, Dishub Kota Semarang mulai memasang berbagai rambu lalu lintas di beberapa ruas jalan menuju terminal Penggaron dan Mangkang. Rambu-rambu itu yakni rambu larangan dan petunjuk arah jalan yang boleh dilalui bus.

Selain itu, Yatmin menuturkan, Dishub juga membuat pos penjagaan pada titik-titik yang ditentukan untuk memastikan bus melalui jalur yang benar dan tidak membuat terminal bayangan yang justru mengganggu lalu lintas.

"Nanti ada 9 titik pos penjagaan oleh petugas Dishub untuk mengarahkan bus AKDP ke Terminal Penggaron dan bus AKAP ke Terminal Mangkang," ucapnya.

Sembilan titik tersebut yaitu di perempatan Genuk, Terminal Terboyo, jalan masuk tol Kaligawe, jalan keluar tol Gayamsari, traffic Pedurungan, Terminal Penggaron.

Kemudian ditambah pos penjagaan untuk mengarahkan bus yang dari arah selatan yaitu di jalan masuk tol Banyumanik, jalan keluar tol Krapyak dan Terminal Mangkang.

Uji coba ini akan dilakukan selama dua minggu. Selanjutnya akan dilakukan evaluasi terkait penerapan trayek dan dampak yang ditimbulkan.

"Setelah tahap ini berjalan tiga bulan, baru akan kami lakukan penindakan terhadap bus di Terboyo bekerjasama dengan Satlantas Polrestabes Semarang," jelasnya. (*)

 

Penulis: m zaenal arifin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved