Presiden Joko Widodo Berikan Penghargaan Kota Peduli HAM ke Solo, Ini Kata Rudy

Penghargaan diserahkan oleh Presiden Jokowi pada acara peringatan Hari HAM Sedunia ke-69 di The Sunan Hotel Solo, Minggu (10/12/2017).

Presiden Joko Widodo Berikan Penghargaan Kota Peduli HAM ke Solo, Ini Kata Rudy
TRIBUN JATENG/AKBAR HARI MUKTI
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (ketiga dari kanan) dan sejumlah pemimpin daerah lain saat mendapatkan penghargaan daerah peduli HAM oleh Presiden Jokowi di Sunan Hotel Solo, Minggu (10/12/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Kota Solo menjadi salah satu kota yang mendapat penghargaan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, sebagai kota peduli Hak Asasi Manusia (HAM).

Penghargaan diserahkan oleh Presiden Jokowi pada acara peringatan Hari HAM Sedunia ke-69 di The Sunan Hotel Solo, Minggu (10/12/2017).

Ditemui usai menerima penghargaan, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengaku bahwa dirinya bersyukur kota Solo mendapatkan penghargaan tersebut.

Meski begitu, Wali Kota Rudy menganggap bila upaya mempertahankan dan meningkatkan lagi pemerataan HAM di Kota Solo lebih penting dari sekedar sebuah penghargaan.

"Kalau bagi saya, minimal bisa mempertahankan sebagai kota peduli HAM. Kalau perlu, harus ditingkatkan lagi," ujarnya.

Baca: THR Sriwedari akan Pindah ke Gentan Sukoharjo, Begini Tanggapan Bupati Wardoyo

Dirinya menilai, prestasi yang diperoleh Kota Solo itu tak terlepas dari sejumlah program visi dan misi bersama Pemkot Solo.

"Karena visi misinya memang juga terkait pemenuhan hak bagi masyarakat. Pemkot Solo dalam menghargai dan menghormati HAM telah dilaksanakan mulai dari dulu sampai sekarang ini," katanya.

Lewat berbagai program visi dan misi Pemkot Solo itu, ia menilai saat ini masyarakat telah mendapat pelayanan baik dan terbuka dari Pemkot.

Program-program itu, ia mencontohkan di antaranya relokasi warga bantaran dalam proyek pengendali banjir Kota Solo.

Wali Kota Rudy menyampaikan bahwa relokasi tersebut adalah upaya Pemkot dalam memberikan pemenuhan HAM terhadap warga Solo, berupa tempat hunian layak.

Program lain yang menurut Wali Kota Solo tersebut merupakan program unggulan Pemkot adalah Sonjo Wargo, yang berkaitan dengan pemenuhan HAM untuk mendengarkan masukan, pendapat, dan aspirasi setiap warga di setiap kelurahan di Solo.

"Semoga lewat adanya program-program itu, lebih meningkat juga kemajemukan dan keharmonisan agar tercipta rasa saling menghormati," harap Wali Kota Rudy.(*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved