KRONOLOGI Meninggalnya Bayi Mungil Gara-gara Ditolak Berobat di Puskesmas

Ketika ditanya petugas apakah ada Kartu Keluarga (KK), ia mengatakan tidak membawa KK lantaran kalau dibawa pun percuma.

KRONOLOGI Meninggalnya Bayi Mungil Gara-gara Ditolak Berobat di Puskesmas
mamdukh adi priyanto
Bupati Brebes, Idza Priyanti (kiri) berbicara dengan Emiti, orangtua bayi yang meninggal usai ditolak berobat di puskesmas 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Icha Selfia seorang bayi berusia tujuh bulan meninggal dunia usai mengalami muntaber dan tidak mendapatkan pengobatan di puskesmas dengan segera.

Emiti (32), orangtua Icha Selfia ditolak pihak puskesmas lantaran tidak membawa berkas administrasi.

"Saya hanya bawa Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) milik saya dan KTP," ucap Emiti, warga Sidamulya, Kecamatan Wanasari, Brebes.

Ketika ditanya petugas apakah ada Kartu Keluarga (KK), ia mengatakan tidak membawa KK lantaran kalau dibawa pun percuma. Nama anaknya belum masuk ke dalam KK.

Kepala Puskesmas Sidamulya Kecamatan Wanasari, Arlinda Rosmelani, menuturkan Emiti tidak hanya kali ini berobat di puskesmas itu.

"Dia sudah beberapa kali berobat. Dan kalau berobat pasti tidak membawa persyaratan administrasi apa-apa," ucap Arlinda.

Begitu juga saat Emiti membawa buah hatinya yang malang itu. Pihak puskesmas telah memintanya untuk mengambil perlengkapan administrasi di rumah.

"Pegawai puskesmas sudah memintanya untuk mengambil persyaratan dan balik lagi. Setelah ditunggu, tidak muncul- muncul," tandasnya.

Arlinda menceritakan, Emiti memiliki lima anak yang saat sakit pasti dibawa ke puskesmas tersebut atau ke bidan desa.

Halaman
123
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved