Breaking News:

Biaya Ganti Untung Lahan Terdampak KA-Bandara Solo Segera Dibahas

Tim Pengadaan Tanah proyek KA-Bandara melansir 103 tanah di Kelurahan Kadipiro, Banjarsari terdampak pembangunan proyek tersebut.

Penulis: akbar hari mukti | Editor: iswidodo
tribunjateng/akbar hari mukti
KERETA BANDARA - Peta pembangunan jalur kereta api penghubung Stasiun Balapan Solo dengan Bandara Adi Soemarmo, Senin (28/8). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Usai mengumumkan sejumlah lahan terdampak pengerjaan proyek Kereta Api (KA)-Bandara di Kadipiro, Tim Pengadaan Tanah berencana menggelar musyawarah untuk memutuskan besaran ganti untung yang akan diberikan pada sejumlah warga terdampak.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Pertanahan (BPN) Solo, Sunu Duto Widjomarmo, Minggu (17/12/2017).

Seperti diketahui, Tim Pengadaan Tanah proyek KA-Bandara melansir 103 tanah di Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari terdampak pembangunan proyek tersebut.

Dari 103 lahan terdampak, 91 bidang tanah merupakan Lahan Milik Warga dengan status Hak milik (HM), 3 Lahan Tanpa Nama (No Name), dan 9 bidang tanah yang tidak lain merupakan Jalan/Sungai setempat.

Adapun keputusan nominal ganti untung diputuskan melalui musyawarah di Kantor Kelurahan setempat, pada Senin (18/12/2017) besok.

"Kami akan umumkan besaran ganti untung pada warga mulai pukul 10.00 WIB sebagai hasil penilaian dari tim appraisal independen," jelasnya.

Pria yang ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana Pengadaan Tanah ini menjelaskan dalam pertemuan tersebut pihaknya membuka kesempatan untuk warga yang memberikan usulan terkait proses penetapan nominal ganti rugi lahan terdampak proyek.

"Nilai hasil appraisal nanti disampaikan. Misalnya, Pak A tanah hak milik nomor luasnya 500 meter persegi tapi yang kena proyek hanya 100 meter persegi, maka ganti ruginya sekian. Kami juga akan menampilkan peta lahannya dan dicocokkan satu per satu," ujarnya.

Pihaknya menegaskan hanya lahan yang berada di lokasi pembangunan jalur KA akses Bandara yang akan dibebaskan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved