Gempa Bumi

DETIK-DETIK Menegangkan Pascagempa Tasikmalaya, Jokowi Sampai Tidak Tidur

DETIK-DETIK Menegangkan Pascagempa Tasikmalaya, Jokowi Sampai Tidak Tidur pantau perkembangan setiap saat.

DETIK-DETIK Menegangkan Pascagempa Tasikmalaya, Jokowi Sampai Tidak Tidur
tribunjateng/dok
DETIK-DETIK Menegangkan Pascagempa Tasikmalaya, Jokowi Sampai Tidak Tidur pantau perkembangan terkini... benar-benar mendebrakan 

TRIBUNJATENG.COM - Gempa besar 6,9 Skala Ritcher (SR) yang mengguncang Pulau Jawa bagian selatan pada Jumat tengah malam membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak tidur.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menanti perkembangan kabar dampak gempa di Sukabumi dan Tasikmalaya itu. Apalagi, Badan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sempat memperingatkan adanya tsunami setelah gempa.

"Tadi malam saya tidak tidur, karena gempanya bukan gempa yang kecil, skala richter-nya kan pertama 7,3, kemudian 6,9 (diralat BMKG-Red), itu angka yang besar," ujar Presiden usai koordinasi nasional (Rakornas) Tiga Pilar PDI Perjuangan, di ICE Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang, Banteng, Sabtu (16/12).

Menurut dia, sepanjang malam dirinya menunggu laporan dan berita terakhir gempa yang berpusat di selatan Jawa itu, tepatnya di daerah Tasikmalaya, Jabar tersebut.

"Saya tadi malam menunggu berita-berita dari daerah, tetapi alhamdulilah semuanya baik-baik saja, enggak ada tsunami," ucap Presiden.

Pasca gempa, BMKG mencabut peringatan tsunami pasca-gempa 6,9 SR yang berpusat di wilayah Tasikmalaya, Jabar itu. Peringatan tsunami level Awas diakhiri pukul 02.26, atau dua jam setelah terjadinya potensi tsunami pasca-gempa susulan.

"Peringatan potensi tsunami akibat gempa berkekuatan 6,9 SR dinyatakan sudah kami akhiri," ujar Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati.

Dwi menjelaskan, diakhirinya peringatan potensi tsunami ini didasari makin menurunnya kekuatan atau magnitude gempa, hasil pemeriksaan alat pengukur permukaan air laut dan pengecekkan langsung petugas di pesisir Selatan Jawa.

Ia menyatakan, sempat terjadi tiga gempa susulan pasca-gempa 6,9 SR di wilayah Tasikmalaya dengan kedalaman 107 Km. Ketiga gempa itu berkekuatan 3,4 SR, 3,2 SR, dan 3,4 SR.

Artinya, kekuatan atau magnitude gempa semakin rendah dan stabil pasca-gempa pertama 6,9 SC. Hasil pemeriksaan permukaan air laut menunjukan tidak ada peningkatan atau pasang air laut yang signifikan.

Dengan dicabutnya peringatan potensi ini, BMKG mengimbau warga yang terdampak gempa untuk kembali ke tempat tinggal masing-masing. Diharapkan masyarakat mengecek bangunan tempat tinggal sebelum melakukan aktivitas di dalamnya.

Masyarakat juga diimbau untuk mengikuti arahan petugas BPPD. Selain itu, masyarakat diminta untuk mengikuti informasi terkait gempa dari lembaga resmi BMKG dan diharapkan tidak mudah percaya dengan isu gempa.

"Tetapi, diimbau juga untuk waspada untuk hari-hari berikutnya dan tetap tenang," tandasnya.(tribunjateng/cetak/tribunnews/nic/coz).

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved