Gempa Bumi

Warga Bingung Harus Lari Ke Mana

Suasana sepi dan hening pada Jumat (15/12) tengah malam di Kecamatan Karangnunggal, Tasikmalaya, jadi mencekam.

Warga Bingung Harus Lari Ke Mana
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Monitor di Ruang Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) BPNB menunjukkan daerah yang terdapak gempa pada Jumat malam (15/12/2017), di Jakarta, Sabtu (16/12/2017). BNPB mencatat gempa bumi berkekuatan 6,9 SR yang berpusat di Tasikmalaya mengakibatkan tiga orang meninggal, 208 rumah mengalami rusak berat serta 150 rumah rusak sedang dan 97 rusak ringan. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNJATENG.COM, TASIKMALAYA - Suasana sepi dan hening pada Jumat (15/12) tengah malam di Kecamatan Karangnunggal, Tasikmalaya, Jabar, seketika jadi mencekam.

Bumi bergetar hebat setelah diguncang gempa sebesar 6,9 Skala Richter. Pusat gempa berada di kawasan kecamatan tersebut.

Kaca-kaca rumah bergetar menimbulkan suara ibarat teror di tengah malam.

Kepanikan melanda 14 desa di kecamatan di pesisir selatan Tasikmalaya itu.

Sekian detik kemudian, belum habis ketakutan melanda, mendadak aliran listrik putus. Lampu-lampu padam. Gelap gulita menyelimuti Kepanikan warga.

"Gempanya kencang sekali, hampir satu menit. Setelah itu mati lampu. Warga panik, kaca-kaca rumah bergetar. Orang-orang berlarian ke luar rumah, ada juga warga yang disaat panik dan gelap kesulitan mencari kunci pintu rumah," ujar Camat Karang Nunggal, Asep M Dahliana, Sabtu (16/12).

Saat warga keluar rumah, mereka semakin panik karena suasana gelap gulita dan getaran gempa yang hanya kurang dari satu menit justru terasa lama.

Menurutnya, warga kebingungan harus lari ke mana.

"Panik dan bingung pas lari keluar rumah, suasana gelap. Akhirnya banyak warga yang terjatuh. Belum lagi saat warga hendak keluar dari rumah, banyak rumah yang atap genteng dan bagian lainya berjatuhan hingga menimpa warga," ujar Asep.

Saat gempa berhenti, listrik masih belum normal. Warga yang selamat membantu tetangganya yang terluka. Hingga pagi ini, lebih dari tiga orang mengalami luka-luka.

Halaman
123
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved