Gempa Bumi

TERNYATA Ada 806 Bangunan Rusak di Cilacap Akibat Gempa 6,9 SR

Angka kerusakan infrastruktur di Cilacap akibat gempa berkekuatan 6,9 SR di selatan pulau Jawa, Jumat

TERNYATA Ada 806 Bangunan Rusak di Cilacap Akibat Gempa 6,9 SR
tribunjateng/khoirul muzaki/ist
KORBAN GEMPA - Aparat Gabungan TNI Polri, BPBD dan relawan gotong royong bantu rumah warga terdampak gempa bumi 15 Desember 2017 tengah malam. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP- Angka kerusakan infrastruktur di Cilacap akibat gempa berkekuatan 6,9 SR di selatan pulau Jawa, Jumat tengah malam (15/12), terus bertambah. 

Hingga kemarin, Senin (18/12), BPBD Cilacap merilis data terbaru jumlah kerusakan infrastruktur baik rumah maupun fasilitas umum akibat gempa mencapai 806 bangunan. 

Kepala Bidang Kedaruratan  dan Logistik BPBD Cilacap Martono mengatakan, dampak kerusakan itu tersebar merata di hampir seluruh kecamatan, yakni di 82 desa di 20 kecamatan Kabupaten Cilacap.

Dari angka itu, 74 bangunan di antaranya rata dengan tanah alias roboh, 153 rusak berat, 126 rusak sedang dan 442 bangunan lainnya mengalami rusak sedang.

KORBAN GEMPA - Aparat Gabungan TNI Polri, BPBD dan relawan gotong royong bantu rumah warga terdampak gempa bumi 15 Desember 2017 tengah malam.
KORBAN GEMPA - Aparat Gabungan TNI Polri, BPBD dan relawan gotong royong bantu rumah warga terdampak gempa bumi 15 Desember 2017 tengah malam. (tribunjateng/khoirul muzaki/ist)

Selain itu, terdapat 3 infrastruktur sekolah rusak, 2 infrastruktur pasar dan 6 infrastruktur lainnya yang juga rusak. 

Angka kerugian materi bertambah seiring dengan adanya kenaikan jumlah kerusakan bangunan, mencapai lebih dari Rp 7,4 Miliar.

Martono mengatakan, data yang terhimpun itu masih bersifat dinamis dan bisa berubah angkanya jika ditemukan fakta baru di lapangan. 

"Data bersifat dinamis dan akan terus di-update perkembangannya. Data akan diverifikasi faktual ke lapangan oleh tim gabungan," katanya, Selasa (19/12)

Bencana yang merusak ratusan infrastruktur ini menyisakan duka mendalam bagi warga Cilacap, terutama korban.

Halaman
123
Penulis: khoirul muzaki
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved