Breaking News:

Menurut Dokter, Bayam dalam Bubur Tim Tidak Terserap Baik Jika Tidak Ditambah Ini Lho Bunda

Di usia 6 bulan, si kecil butuh makanan tambahan selain ASI atau biasa disebut dengan Makanan Pengganti ASI (MPASI).

Shutterstock
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Wilujeng Puspita Dewi

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG-  Lewat usia enam bulan, ASI saja tidak cukup untuk memenuhi energi dan nutrisi si kecil.

Di usia 6 bulan, si kecil butuh makanan tambahan selain ASI atau biasa disebut dengan Makanan Pengganti ASI (MPASI).

Memberikan MPASI sejak usia 6 bulan juga dapat mengurangi resiko obesitas dan diabetes pada si kecil.

Salah satu sumber nutrisi penting bagi tubuh adalah sayuran.

"Di Indonesia, para Ibu sering membuat nasi tim dengan komposisi bayam 50%, beras merah 40%, wortel, seledri dan kaldu ayam. Tetapi harus diketahui bahwa sebenarnya bayam itu susah diserap oleh usus si kecil ," tutur dr JC Susanto Sp AK, Dokter Spesialis Anak RS Elisabeth Semarang. 

Dokter Jese membeberkan bahwa bayam memang memiliki kandungan vitamin A (betakaroten), vitamin B,  vitamin C, asam folat, kalsium, fosfor, mangan serta zat besi.

"Zat besi sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang. Sedangkan kandungan magnesium yang dimiliki bayam dapat membantu dalam menjaga konduksi saraf dan kesahatan jantung. Vitamin yang terkandung dalam bayam juga baik untuk kelembutan kulit, " beber dr Jese.

Namun sayangnya, nutrisi bayam susah diserap oleh usus bayi. Cara konsumsi yang tidak tepat, membuat semua nutrisi di atas tidak terserap dengan baik.

"Cara konsumsi sayur bayam yang tepat untuk bayi adalah 3 suap nasi tim bayam, kemudian satu suap buah. Buah membuat makanan di dalam usus mudah terserap," tutur tutur Dokter Jese saat menjadi tamu dalam sebuah acara diskusi publik mengenai Fenomena Ibu Gagal Menyusui.

Diskusi publik tersebut dilatar belakangi oleh maraknya berbagai produk pengganti ASI, yang mengancam kegiatan menyusui ibu dan anak. 

Acara tersebut digelar  dalam rangka menyemarakkan Hari Ibu  sekaligus memperingati HUT Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI)  ke 7, yang jatuh  pada Selasa (19/12/2017),  di Aula Magister Ilmu Komunikasi UNDIP, Jalan Erlangga barat Nomor 7, Pleburan,  Semarang,  Jawa Tengah.(*)

Penulis: Wilujeng Puspita
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved