Yakin Masih Suka Ceker? Para Pekerja Ini Terekam Mengupas Kulit Ceker Dengan Gigi Sebelum Disajikan

sebuah video merekam enam pekerja yang duduk berjajar sambil mengupas kulit ceker sebelum disajikan.

Penulis: Suci Rahayu | Editor: Suci Rahayu

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Suci Rahayu 

TRIBUNJATENG.COM - Bagi orang-orang di negara-negara Eropa, menyantap ceker ayam mungkin masih dipandang menjijikan dan aneh. 

Namun bagi masyarakat Asia, ceker ayam menjadi salah satu kenikmatan tersendiri dan dapat diolah menjadi bermacam-macam makanan. 

Sebagian orang melihat ceker sebagai bagian yang menjijikan karena meragukan higienitas kaki ayam, namun beberapa orang meyakini ceker aman disantap setelah kulit luar ceker dibersihkan. 

Namun, apa tanggapanmu setelah melihat video proses pengupasan kulit ceker ini? 

Dilansir dari Coconut Bangkok (21/12/2017), sebuah video merekam enam pekerja yang duduk berjajar sambil mengupas kulit ceker sebelum disajikan. 

Video tersebut membuat netizen tercengang dan jijik karena para pekerja itu mengupas kulit ceker menggunakan gigi mereka. 

Rekaman tersebut menunjukan situasi di sebuah tempat distribusi ceker di sebuah wilayah di Thailand. 

Ceker-ceker mentah tersebut dikupas menggunakan gigi sebelum disajikan di restoran sebagai santapan lezat yang menggoyang lidah. 

Para pekerja mengupas kulit ceker itu dengan gigi kemudian melepeh kulit ceker ke tanah dan melakukanya lagi hingga cekerbersih dari kulit lapisan luar. 

Netizen penyuka ceker yang tidak mengetahui proses pengupasan kulit ceker ini sontak merasa geli dan berencana untuk tidak makan ceker lagi. 

Beberapa netizen Thailand menjelaskan bahwa proses tersebut lumrah dilakukan karena sebagian masyarakat Thailand percaya bahwa mengupas menggunakan gigi akan menghasilkan ceker yang lebih baik karena bentuknya tidak rusak seperti jika dikupas menggunakan pisau. 

Praktek mengupas ceker dengan gigi ini sudah lama ditinggalkan karena dinilai tidak higienis meskipun ada beberapa restoran yang melakukannya diam-diam. 

Beberapa netizen merasa kasihan dengan para pekerja karena harus mengupas ceker mentah dengan gigi mereka yang mana akan memberi mereka resiko penyakit dari bakteri salmonela. 

Hal yang sama juga pernah viral di Thailand pada tahun 2005 yang memperlihatkan pekerja mengupas ceker dengan gigi mereka. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved