Breaking News:

DUH! Pelanggaran Kepegawaian di Pemkot Solo Selama 2017 Didominasi Perselingkuhan ASN

Kasus perselingkuhan mendominasi kasus pelanggaran kepegawaian Pemkot Solo selama tahun 2017 ini.

Penulis: akbar hari mukti | Editor: galih permadi
Tribunnews
ilustrasi Selingkuh 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Kasus perselingkuhan mendominasi kasus pelanggaran kepegawaian Pemkot Solo selama tahun 2017 ini.

Adapun Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Solo telah mencatat, dari lima kasus pelanggaran kepegawaian selama 2017 empat di antaranya merupakan kasus perselingkuhan.

Sedangkan kasus lain adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terbukti terlibat pungutan liar (pungli).

"Kasus selingkuh tersebut mulai dari sesama ASN, ada juga dengan orang luar lingkungan Pemkot Solo," papar Kabid Pembinaan Kesejahteraan dan Kinerja Aparatur BKPPD Solo, Andriani Sasanti, Jumat (29/12/2017).

Menurut Andriani, pada kasus ASN selingkuh ini mendominasi pelanggaran kepegawaian Pemkot.

Ia menilai para ASN lingkungan Pemkot Solo ini terbukti selingkuh dan dijatuhi hukuman satu ASN diturunkan pangkat 1 tahun, tiga ASN turun pangkat 3 tahun, sedangkan ASN yang pungli menerima sanksi ringan berupa teguran tertulis.

Ia menjelaskan hukuman dijatuhkan berdasar tingkat dan jenis pelanggaran.

Menurut Andriani pelanggaran dengan jenis ringan akan dijatuhi hukuman teguran lisan, teguran tertulis, dan pernyataan tidak puas. Sedangkan pelanggaran sedang akan mendapatkan ganjaran penundaan kenaikan pangkat 1 tahun dan penurunan pangkat satu tahun.

Adapun pelanggaran berat mendapatkan hukuman penurunan pangkat 3 tahun, penurunan jabatan setingkat lebih rendah, pembebasan dari jabatan, pemberhentian dengan hormat, hingga pemberhentian tidak dengan hormat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved