Tahun Baru 2018

Rayakan Tahun Baru di Solo Tanpa Kembang Api dan Petasan, Sampah Turun Menjadi 5 Ton

Kebijakan Pemkot Solo untuk melarang membunyikan petasan dan kembang api saat malam pergantian tahun di Solo

Rayakan Tahun Baru di Solo Tanpa Kembang Api dan Petasan, Sampah Turun Menjadi 5 Ton
tribunjateng/Humas Polres Kebumen
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Kebijakan Pemkot Solo untuk melarang membunyikan petasan dan kembang api saat malam pergantian tahun di Solo, mampu meminimalisir produksi sampah akhir tahun.

Pasalnya, produksi sampah usai gelaran Car Free Night (CFN) di sejumlah titik di Kota Solo pada saat malam pergantian tahun, disebut turun hingga 3 ton.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo, Hasta Gunawan, Senin (1/1/2018).

Menurut Hasta, usai pantauan petugas kebersihan DLH di Solo pada malam pergantian tahun, kemarin, produksi sampah yang semula diprediksi bakal mencapai 8 ton tak terbukti.

Menurutnya, volume sampah pascagelaran hanya mencapai 5 ton sampah.

"Volume sampah menurun, karena tahun kemarin di gelaran sama sampah sampai 8 ton. Saya pikir kesadaran masyarakat juga berperan di sini selain juga imbauan yang sudah terlebih dahulu dilakukan Pemkot Solo," papar dia.

Hasta menjelaskan, sejak 00.01 dini hari tadi, 750 petugas kebersihan yang ditugaskan mengawal sampah tahun baru hanya menemukan sedikit sampah berceceran di jalan.
Bahkan di 5 titik keramaian di Solo pun menurutnya tak menunjukkan lonjakan produksi sampah.

Maka ia menjelaskan ratusan personil yang bertugas di sepanjang Jalan Slamet Riyadi itu pun tak begitu kerepotan membersihkan sampah.

"Usai pergantian tahun sudah dibersihkan dan digiring ke lokasi-lokasi pembuangan sementara yakni TPS Mobile dan tempat sampah portable. Tadi pagi juga kami kerahkan 4 truk pengangkut sampah dengan kapasitas 1,6 ton yang ternyata juga tak penuh. Hitungan kami hanya sampai 5 ton saja," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: akbar hari mukti
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved