Wali Kota Semarang Roadshow ke SMPN 18 Semarang Serap Aspirasi Siswa  

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, melakukan kunjungan ke SMP Negeri 18 Semarang, Senin (15/1/2018).

Penulis: m zaenal arifin | Editor: galih permadi
ISTIMEWA
Siswa Siswi SMP N 18 Saling Berebut Salaman dengan Walikota Semarang HENDRAR PRIHADI 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, melakukan kunjungan ke SMP Negeri 18 Semarang, Senin (15/1/2018).

Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan rutin Roadshow Sekolah yang digagas untuk menyerap aspirasi siswa sekolah di Kota Semarang.

Dalam kunjungannya, Walikota yang akrab disapa Hendi itu melakukan dialog dengan para siswa. Satu di antaranya Ardiya, siswi kelas 9 SMP Negeri 18 Semarang, yang menanyakan soal sekolah gratis.

"Kita tahu semua bahwa sekolah gratis itu sangat meringankan beban rakyat Indonesia, tapi kenapa sekarang mau dipungut biaya? Saya dengar isu-isu katanya untuk SD dan SMP akan dipungut biaya lagi", tanya Ardiya kepada Hendi.

"Kamu bayar?," tanya Hendi memastikan. "Ndak," jawab Ardiya menimpali.

Hendi menuturkan, pendidikan dan kesehatan adalah dua hal yang diprioritaskan Pemerintah Kota Semarang. Sehingga tidak mungkin SD dan SMP Negeri yang sudah gratis lalu dipungut biaya.

"Malah kita ini sudah mulai menghitung-hitung supaya yang swasta juga bisa gratis. Secara bertahap di 2018 ini, yang tidak mampu dulu kita gratiskan, baru di 2019 ditargetkan seluruhnya, baik yang negeri maupun swasta akan gratis," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Hendi mengingatkan kepada seluruh siswa-siswi kelas 9 SMP Negeri 18 Semarang untuk selalu membekali sikap kepedulian yang dimiliki dengan pengetahuan yang cukup.

Hendi mengaku telah mengamati anak muda di Kota Semarang. Menurutnya, ada empat golongan anak muda dan salah satunya adalah golongan anak muda yang peduli tapi tidak pintar.

"Golongan inilah yang kemudian memunculkan banyak hoax, sehingga membuat suasana menjadi tidak kondusif," lanjutya.

Sehingga ia berpesan, agar para siswa tidak hanya meningkatkan kepeduliannya saja, tetapi juga pengetahuannya terhadap suatu masalah. Agar anak muda dapat menjadi tonggak pembangunan bangsa yang tidak rapuh.

Kunjungan Hendi ke SMP Negeri 18 Semarang itu sendiri merupakan bagian dari kegiatan rutin Roadshow Sekolah yang digagas Hendi untuk menyerap aspirasi murid sekolah di Kota Semarang guna meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Semarang.

"Saya juga disambati siswa-siswi katanya ingin kelasnya ada AC, ya oke kita prioritaskan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar supaya lebih nyaman," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved