Sukses Kendalikan Kepala Rutan, Sancai Akan Dipindah ke Lapas High Risk

Kami ada beberapa lapas high risk, pastinya akan ke sana. Pengawasan lebih ketat bahkan interaksi dengan petugas akan dibatasi

Sukses Kendalikan Kepala Rutan, Sancai Akan Dipindah ke Lapas High Risk
Akhtur Gumilang
Kepala Lembaga Pemasyarakatan (LP) Purworejo Jawa Tengah (Jateng) Cahyono Adhi Satriyanto 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Radlis

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kepala Rutan Purworejo, Cahyono Adhi Satriyanto saat ini telah dinonaktifkan dari jabatannya.

Cahyono ditangkap Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng terkait memberikan kemudahan kepada narapidana Kristian Jaya Kusuma alias Sancai yang mengendalikan jaringan narkoba dari dalam lapas.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah, Djoni Priyatno, mengatakan secepatnya pihaknya akan menunjuk siapa yang akan menggantikan posisi Cahyono.

"Secepatnya kami tunjuk siapa penggantinya. Kalau tidak salah ada pembebasan tanggal 19 (Januari), sebelum itu sudah tunjuk Pltnya," kata Djoni, Selasa (16/1/2018).

Djoni menegaskan pihaknya menyatakan perang terhadap narkoba.

Bahkan Djoni mengatakan telah memberikan kewenangan kepada aparat penegak hukum lain untuk leluasa melaksanakan tugasnya apabila ada keterkaitan dengan warga binaan lapas.

"Kewenangan itu sudah kami berikan, tidak perlu izin lagi ke kami kalau mau masuk (lapas) terkait narkoba. Sekarang saya sedang merancang MoUnya, kalau MoUnya sudah jadi akan lebih enak," katanya.

Terkait maraknya tersangka penyalahgunaan narkoba yang mengaku dikendalikan dari dalam lapas, Djoni mengatakan pihaknya tetap melakukan pemeriksaan internal terhadap kebenaran informasi tersebut.

"Tetap kami periksa, modus pelaku lebih canggih dari petugas. Kadang neneknya yang datang lalu kasih sesuatu. Kadang juga ada tersangka yang cuma mengaku ngaku saja dikendalikan dari dalam lapas untuk memutus informasi. Itu cari cari perhatian saja,"katanya.

Terkait narapidana seperti Sancai yang telah berulang kali berupaya menyuap petugas lapas, Djoni menegaskan pihaknya akan bertindak tegas dan menempatkan Sancai di lapas high risk.

"Kami ada beberapa lapas high risk, pastinya akan ke sana. Pengawasan lebih ketat bahkan interaksi dengan petugas akan dibatasi," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, tim gabungan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan BNN Provinsi Jawa Tengah menangkap Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Purworejo, CAS ( Cahyono Adhi Satriyanto).
CAS ditangkap diduga terkait memberikan kemudahan pengendalian narkoba di dalam Lapas.
Pengendalian narkoba ini terkait jaringan Kristian Jaya Kusuma alias Sancai.

Kabid Pemberantasan BNNP Jateng, AKBP Suprinarto, membenarkan penangkapan tersebut.
Suprinarto mengatakan, penangkapan dilakukan di Purworejo, Senin (15/1/2018) siang. (*)

Penulis: muh radlis
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved