Breaking News:

Kisah PSK di Baturraden Nyantri Rela Jadi Tukang Parkir Demi Sang Kiai

Sekitar 75 wanita penghibur mondok di pesantren yang juga dipakai untuk rehabilitasi medis dan sosial ini demi mencari kesembuhan

Penulis: khoirul muzaki | Editor: iswidodo
blogs.kqed.org
Ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Perempuan yang jadi PSK dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Mereka terpaksa terjun sebagai PSK, mayoritas karena alasan ekonomi.

Selain harus menanggung stigma sosial, gaya hidup PSK rentan dengan penyebaran Penyakit Menular Seksual (PMS). Jika sudah terkena penyakit itu, bermacam cara ditempuh demi memperoleh kesembuhan, baik medis maupun non medis.

Ponpes Nurul Ihsan Al Islami, di Kecamatan Kalimanah Purbalingga sempat kebanjiran santri dari kalangan wanita tuna susila alias PSK.

Sekitar 75 wanita penghibur mondok di pesantren yang juga dipakai untuk rehabilitasi medis dan sosial ini demi mencari kesembuhan, mulai 2010 silam.

Sebagian di antaranya merupakan PSK maupun pemandu lagu (PL) yang biasa mangkal di kawasan wisata Baturraden atau Gang Sadar.

Pengasuh pesantren Achmad Ichsan tidak membedakan pasiennya berdasarkan latar belakang mereka, meski pekerjaannya itu bertentangan dengan ajaran agama. Di matanya, mereka hanyalah orang sakit yang perlu dibantu. Tentu dengan harapan, mereka akan sadar kemudian untuk kembali ke jalan yang benar.

Di pesantren ini, sang kiai berusaha menyembuhkan kebiasaan buruk para perempuan tersebut sekaligus menyisipkan ajaran keagamaan secara pelan-pelan. Supaya sembuh penyakit jasmani sekaligus besih dari kemaksiatan.

"Di sini mereka juga disuruh ngaji," kata Kiai Achmad Ichsan kepada Tribunjateng.com.

Mereka yang telah sembuh akhirnya pamit meninggalkan pesantren. Sebagian tobat namun sebagian lagi ada yang kumat dengan alasan kebutuhan ekonomi.

"Ada yang taubat, tapi ada juga yang balik lagi ke dunianya,"katanya

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved