Apa Hebatnya Sancai Hingga Cahyono Karutan Purworejo Terbuai dan Terlepas Jabatannya

Plt. Dirjen Pemasyarakatan, Mardjoeki, telah memerintahkan Karutan Purworejo, CAS, untuk dinonaktifkan dari jabatannya

Apa Hebatnya Sancai Hingga Cahyono Karutan Purworejo Terbuai dan Terlepas Jabatannya
Akhtur Gumilang
Kepala Lembaga Pemasyarakatan (LP) Purworejo Jawa Tengah (Jateng) Cahyono Adhi Satriyanto 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Hermawan Endra W

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Plt. Dirjen Pemasyarakatan, Mardjoeki, telah memerintahkan Karutan Purworejo, CAS, untuk dinonaktifkan dari jabatannya menyusul dugaan keterlibatan CAS dalam kasus pencucian uang narapidana narkotika CJK als Sancai.

“Saya sudah perintahkan Kakanwil Kemenkumham Jateng untuk menonjobkan Karutan Purworejo,” tegas Mardjoeki dalam siaran tertulis, kepada tribunjateng.com, Kamis (18/1).

Melalui Kakanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Mardjoeki juga memerintahkan Kepala Bapas Klaten untuk menjadi Plh. Kepala Rutan Purworejo.

“Penunjukan ini penting untuk menjaga situasi dan kondisi keamanan serta ketertiban Rutan Purworejo sambil menunggu perkembangan penyidikan,” tambahnya.

Seperti diketahui, Karutan Purworejo, CAS, diamankan BNN karena dugaan keterlibatan pencucian uang bisnis narkoba oleh narapidana narkotika yang tengah mendekam di Lapas Pekalogan, CJK als Sancai.

CAS mulai mengenal CJK als Sancai saat masih dipidana di Lapas Narkotika Nusakambangan. Saat itu CAS bertugas sebagai Kepala Pengamanan Lapas.

Ketika CJK als Sancai dipindahkan ke Lapas Pekalongan pada Oktober 2017, keduanya diketahui tetap berkomunikasi.

“Kami juga akan mengevaluasi manajemen Lapas Narkotika Nusakambangan,” tambah Mardjoeki seraya menegaskan akan segera operasionalnya Lapas High Risk di Nusakambangan.

Nantinya, di lapas tersebut petugasnya adalah orang-orang terpilih dan berintegritas yang sudah diasesmen dimana satu narapidana ditempatkan di satu kamar dan tidak ada komunikasi langsung antar petugas dengan narapidana. (*)

Penulis: hermawan Endra
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved