Breaking News:

Ricuh Penggusuran PT KAI

Pardjo Berharap Uang Ganti Layak Warga Kebonharjo Segera Diberikan

Warga Kebunharjo, Kota Semarang saat ini masih menunggu hasil kesepakatan terkait penggusuran oleh PT KAI

Penulis: muh radlis | Editor: iswidodo
tribunjateng/galih permadi
VIDEO Kondisi Kebonharjo Setelah Digusur PT KAI untuk Reaktivasi Rel Kereta Api 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Radlis

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Warga Kebunharjo, Kota Semarang saat ini masih menunggu hasil kesepakatan terkait penggusuran akibat pembangunan proyek jalur kereta api Tawang-Tanjung Emas.

Rapat koordinasi terkait tindak lanjut penyelesaian sengketa lahan Kebonharjo di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) di Jakarta pada Oktober 2017 lalu.

Dari hasil rapat koordinasi tersebut, disepakati dalam waktu tiga bulan semua permasalahan terkait ganti layak kepada warga Kebonharjo bisa diselesaikan.

Ketua Forum RW Kebonharjo, Supardjo, mengatakan, pihaknya menunggu penyerahan surat dari Kementerian Perhubungan ke Kementerian Keuangan.

Anak-anak melintasi beberapa rumah yang tinggal puing di Kebonharjo, Kelurahan Tanjung Emas, Kecamatan Semarang Utara, untuk bersilaturahim Lebaran, Rabu (6/7/2016).
Anak-anak melintasi beberapa rumah yang tinggal puing di Kebonharjo, Kelurahan Tanjung Emas, Kecamatan Semarang Utara, untuk bersilaturahim Lebaran, Rabu (6/7/2016). (tribun jateng/aji kusuma admaja)

"Sekarang masih menunggu surat dari Kemenhub ke Kementerian Keuangan untuk payung hukum ganti layak kepada warga," kata Supardjo, Jumat (19/1/2018).

Menurut pria yang akrab disapa Pardjo ini, pihaknya berterima kasih lantaran pemerintah pusat berinisiatif mengambilalih dan segera menyelesaikan permasalahan akibat penggusuran di Kebonharjo.

"Kami bersyukur pemerintah pusat ambil alih dan terjadi kesepakatan ganti layak itu. Sekarang kami masih menunggu kapan realisasinya," katanya.

Pardjo menuturkan, semua warga Kebonharjo sebenarnya tidak ingin menghalangi proyek nasional tersebut.

UNIK, Warga Kebonharjo Ajak Pemudik Untuk Berwisata Puing Bekas Penggusuran
UNIK, Warga Kebonharjo Ajak Pemudik Untuk Berwisata Puing Bekas Penggusuran (tribunjateng/rahdyan trijoko pamungkas)

"Kami kooperatif, kami mendukung proyek nasional. Tapi dipikirkan juga ganti yang layak untuk warga," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved