LIPUTAN KHUSUS

Kepala DPU Kota Semarang Akui Ada Dua Proyek yang Mandek

Iswar Aminuddin tidak menampik ada dua proyek yang mandek, yaitu pembangunan pedestrian dan peningkatan jalan

Kepala DPU Kota Semarang Akui Ada Dua Proyek yang Mandek
tribunjateng/galih permadi/dok
Walikota Semarang Hendrar Prihadi meninjau pembangunan Kampung Bahari di kawasan Tambaklorok, Senin (16/1). Pembangunan masih terkendala pembebasan 24 lahan warga 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Molornya proyek nasional Kampung Bahari Tambaklorok, Tanjung Mas, Semarang Utara diakui ketua tim pelaksana proyek, Husein.

Menurut dia, hingga pertengahan Januari progres pembangunan baru sebesar 10 persen dari target lebih dari 46 persen. Padahal, proyek senilai Rp 47 miliar itu ditargetkan selesai pada Juli 2018.

Ada tiga proyek yamg jadi fokus pembangunan, yaitu peningkatan Jalan Tambakmulyo sepanjang 738 m dan lebar 20 m, pembangunan ruang terbuka hijau, dan pembangunan pasar ikan tradisional.

"Kami masih terkendala proses pembebasan lahan," kata Husein yang juga konsultan manajemen proyek itu, kepada Tribun Jateng, baru-baru ini.

Ia menyebut, jumlah bidang yang harus dibebaskan untuk jalan yaitu 181 bidang, sekitar 50 warga sudah setuju, tapi belum ada pembayaran.

Kemudian, pihaknya butuh membebaskan 32 bidang untuk pembangunan pasar tradisional, tapi baru tujuh yang sudah dibebaskan. Lalu, ada 53 bidang tanah yang harus bebas untuk membangun ruang terbuka hijau.

Apakah proyek bakal selesai tepat waktu? Husein masih optimistis, tapi dengan syarat masalah pembebasan lahan segera rampung.

Ia mengakui, pengerjaan Kampung Bahari sangat lambat. Saat ini, pelaksana hanya mengejarkan yang bisa dilakukan sembari menunggu proses pembebasan lahan oleh Pemkot Semarang.

"Kami sudah menyiapkan opsi untuk membuat adendum dengan kemungkinan molor hingga September," kata Pramihardi Nur Cahyono, petugas dari Satker Pengembangan Kawasan Permukiman Strategis, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Pram, sapaannya, berharap, masalah pembebasan lahan bisa segera selesai, sehingga pengerjaan Kampung Bahari bisa segera dikebut.

Halaman
12
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved