Wali Kota Pekalongan Berbicara Hal Ini Dihadapan Para Kepala Sekolah

Pembekalan dan orientasi tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang tugas pokok dan fungsi kepala sekolah.

Wali Kota Pekalongan Berbicara Hal Ini Dihadapan Para Kepala Sekolah
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Wali Kota Pekalongan, Saelany Machfudz memberikan bekal dan orientasi kepada belasan kepala sekolah di aula kantor Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Rabu (24/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Agar dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya, belasan sekolah dari tingkat SD hingga SMP diberikan bekal dan orientasi oleh Dinas Pendidikan Kota Pekalongan di aula kantor Dinas Pendidikan, Rabu (24/1/2018).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Soeroso menuturkan pembekalan dan orientasi tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah.

"Ada 18 kepala sekolah baru yang mengikuti pembekalan yaitu 16 kepala sekolah SD dan 2 SMP, karena fungsi dan peran kepala sekolah banyak, antara lain kepala sekolah harus menjadi pendidik, motivator, administrator, inovator, menjadi entrepreneur," ujarnya.

Baca: Longsor Membuat Akses Warga Satu Desa di Kabupaten Pekalongan Terputus

Wali Kota Pekalongan, HM Saelany Machfudz menambahakan jabatan kepala sekolah untuk memimpin sekolah agar sekolah lebih maju.

“Kepala sekolah adalah pimpinan tertinggi di sekolah, dan pola kepemimpinannya akan sangat berpengaruh bahkan sangat menentukan kemajuan sekolah. Oleh karena itu dalam pendidikan modern kepemimpinan kepala sekolah merupakan jabatan strategis dalam mencapai tujuan pendidikan," paparnya.

Saelany menjelaskan dalam menjalankan tugas kepala sekolah mempunyai fungsi sebagai administrator, supervisor dan pemimpin pendidikan.

“Sebagai Administrator kepala sekolah wajib meningkatkan mutu sekolahnya, sebagai supervisor pendidikan berarti kepala sekolah harus berupaya melakukan peningkatan mutu sekolah melalui peningkatan kompetensi guru-guru dan seluruh staf sekolah. Dan fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan berarti peningkatan mutu akan berjalan dengan baik apabila guru bersifat terbuka, kreatif dan memiliki semangat kerja yang tinggi,” pungkasnya.(*)

Penulis: budi susanto
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved