Pasar Bandungan akan Digeser Satu Kilometer, Lokasi di  . . .

Mundjirin, Bupati Semarang, menyatakan penataan Pasar Bandungan akan dilaksanakan pada tahun 2018 ini.

Pasar Bandungan akan Digeser Satu Kilometer, Lokasi di  . . .
Tribun Jateng/dok
Pasar Bandungan akan dipindah ke desa Ngunut berjarak sekitar 1 kilometer dari pasar lama. Pembangunan mulai tahun 2018 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Amanda Rizqyana

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Mundjirin, Bupati Semarang, menyatakan penataan Pasar Bandungan akan dilaksanakan pada tahun 2018 ini.

Pihaknya telah menggelontorkan dana sebesar Rp 19 miliar untuk membebaskan dua petak lahan yang masing-masing seluas 11.000 m2 dan 5000 m2.

Dua lokasi tersebut rencananya akan digunakan untuk merelokasi Pasar Bandungan dan Kantor Kecamatan Bandungan.

"Tahun ini direncanakan akan dimulai pembangunan Pasar Bandungan dan Kantor Kecamatan Bandungan," ujarnya pada Tribun Jateng, Jumat (26/1/2018) siang.

Meski begitu, ia juga masih memiliki tugas yakni harus membeli kios pedagang yang berada di sekitar Pasar Bandungan. Kios Pasar Bandungan tersebut merupakan hak mililk warga.

Pasar Bandungan yang baru nantinya akan terletak di Desa Jetis dan hanya berjarak sekitar satu kilometer dari Pasar Bandungan lama.

Rencananya, bekas Pasar Bandungan akan dibangun ruang terbuka hijau (RTH) dan trotoar di sekitar pasar akan dijadikan pedestrian yang dapat digunakan oleh masyarakat mengakses jalan dari Pasar Bandungan lama ke Pasar Bandungan baru.

Para pedagang yang berjualan di sekitar trotoar nantinya akan dipindahkan.

Melengkapi keterangan Mundjirin, Totit Oktoriyanto selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Semarang mengatakan lokasi Pasar Bandungan baru nanti akan berada di Dusun Ngunut.

Pembangunan Pasar Tahap I menelan dana sebesar Rp 15 miliar sementara pembangunan Kantor Kecamatan Bandungan menelan dana Rp 3 miliar. (*)

Penulis: amanda rizqyana
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved