Penyebab Angin Kencang yang Landa Wilayah Indonesia Bagian Selatan Menurut BMKG

Beberapa hari kemarin, angin di area pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur begitu kencang

Penyebab Angin Kencang yang Landa Wilayah Indonesia Bagian Selatan Menurut BMKG
TRIBUNJATENG/MAMDUKH ADI PRIYANTO/ist
Puluhan rumah di Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes rusak akibat diterjang angin kencang, Rabu (24/1/2018) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Yasmine Aulia

TRIBUNJATENG.COM - Beberapa hari kemarin, angin di area pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur begitu kencang, Jumat (25/1/2018).

Kecepatan angin yang cukup tinggi beberapa hari terakhir di wilayah Indonesia bagian selatan dipicu oleh besarnya selisih tekanan udara antara dataran Asia dan Australia.

Salah satu penyebabnya adalah posisi gerak semu tahunan matahari yang saat ini berada di selatan ekuator sehingga mengakibatkan bumi bagian selatan ekuator menjadi lebih panas dan tekanannya relatif lebih rendah dibandingkan bumi bagian utara ekuator.

Saat ini nilai tekanan udara pada level permukaan laut/mean sea level pressure di dataran tinggi Siberian sekitar 1030 - 1034 hPa, sedangkan tekanan udara di Australia mencapai 998 hPa.

Mengingat sifat dari udara yang bergerak dari tekanan tinggi menuju tekanan yang lebih rendah, sehingga selisih sekitar 36 hPa ini cukup signifikan untuk memicu pergerakan massa udara dari Asia menuju wilayah Indonesia yang cukup kuat.

Kondisi ini diperkuat dengan posisi tekanan terendah di wilayah Australia berada di selatan NTT atau di selatan wilayah Indonesia bagian timur tanpa disertai kemunculan daerah siklonik di selatan Banten/Jawa Barat.

Sehingga pergerakan angin menjadi semakin kuat dari Laut Cina Selatan menuju wilayah sekitar Bangka Belitung dan kemudian dibelokkan ke arah barat akibat pengaruh rotasi bumi.

Informasi penyebab angin kencang pada wilayah Indonesia bagian selatan ini berdasarkan info aktual dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada akun sosial media resminya pada Kamis malam (25/1/2018). (*)

Penulis: Yasmine Aulia
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved