airport corner

HORE! Lion Air Group Tertarik Rute Semarang-Karimunjawa

Perempuan berhijab itu mengatakan sempat ada tim Lion Air Group dari Jakarta berencana melakukan survei ke Karimunjawa, Selasa (16/1) lalu.

HORE! Lion Air Group Tertarik Rute Semarang-Karimunjawa
SHUTTERSTOCK
Lion Air 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG  - Maskapai penerbangan Lion Air tertarik membuka rute penerbangan Semarang-Karimunjawa. Hal tersebut diutarakan Area Manager Lion Air Group DIY dan Jawa Tengah, Widi Wiyanti, Jumat (26/1) sore.

"Kami masih dalam tahap penjajakan. Belum ada komunikasi mendalam dengan pejabat daerah setempat (Karimunjawa)," ujarnya.

Perempuan berhijab itu mengatakan sempat ada tim Lion Air Group dari Jakarta berencana melakukan survei ke Karimunjawa, Selasa (16/1) lalu. Tim berangkat melalui jalur laut di Pelabuhan Kartini, Kabupaten Jepara.

Namun, rencana itu terpaksa dibatalkan, lantaran cuaca buruk. Tinggi gelombang Laut Jawa meningkat, sehingga kapal penyeberangan dari Kabupaten Jepara tak beroperasi.

Menurut alumnus Manajemen Tranportasi Udara Universitas Trisakti Jakarta itu, destinasi Karimunjawa banyak diminati penumpang dari segmentasi wisatawan maupun profesi. Meski demikian, data sebenarnya baru dapat diketahui usai proses survei.

"Rencana yang terbang ke sana Wings Air (Lion Air Group) pakai pesawat ATR-72. Yang seri berapa kami belum tahu," ucapnya.

Panjang landasan di Bandara Dewa Daru Karimunjawa sudah mencapai 1.250 meter. Kondisi itu dinilainya sudah layak didarati pesawat tipe ATR.

Terkait frekuensi penerbangan ke Karimunjawa, Widi berujar perlu survei mendalam terkait jumlah permintaan penumpang. "Kalau market (pasar) banyak tidak menutup kemungkinan daily (setiap hari). Tetapi pasti nanti ada uji coba dulu semisal seminggu tiga kali," terangnya.

Sebelumnya, ada dua maskapai yang pernah membuka layanan rute Semarang-Karimunjawa, seminggu dua kali. Susi Air dan Airfast. Tapi, layanan itu kini sudah tutup. (*)

Penulis: Daniel Ari Purnomo
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved