Breaking News:

Dari Limbah Kayu Menjadi Frame Kacamata Berkualitas, Perkenalkan Motka Buatan Kudus (Video)

kacamata yang diberi merek Motka ini telah merambah kota besar di Indonesia, semisal Denpasar, Yogyakarta, Bandung, Lombok, dan Jakarta.

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: abduh imanulhaq
TRIBUN JATENG/RIFQI GOZALI
Aska Nakayuni menunjukkan kacamata berbingkai kayu, di Desa Gondosari RT 2 RW 4, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Selasa (30/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Pemuda asal Desa Gondosari RT 2 RW 4, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menyulap limbah kayu menjadi bahan baku frame kacamata.

Aska Nakayuni (32) yang memiliki ide untuk membuat kacamata berbahan baku kayu.

Bersama temannya asal Jepara, Amir Syarifudin, dia mengelola usaha produksi frame kacamata dari kayu.

Kini kacamata yang diberi merek Motka ini telah merambah kota besar di Indonesia, semisal Denpasar, Yogyakarta, Bandung, Lombok, dan Jakarta.

“Hampir semua pasarnya merupakan daerah yang sadar seni. Kalau di Bali pemasarannya di Kuta, Lombok di Gili Trawangan,” kata Aska di Gondosari, Selasa (30/1/2018).

Untuk memulai idenya tersebut, keduanya tidak butuh banyak pertimbangan.

Mereka berbagi tugas, Aska bertanggung jawab untuk produksi sementara Amir bertanggung jawab atas pemasaran produk tersebut.

“Saya dan Amir itu teman nge-band waktu sama-sama kuliah di Yogya. Lantaran hubungan pertemanan kami tidak ingin putus, akhirnya kami membuat usaha bersama agar tetap menjalin hubungan,” ujar lulusan D3 Desain Komunikasi Visual di sebuah kampus swasta Yogyakarta itu.

Bermodalkan Rp 5 juta untuk membeli dua alat, bor duduk dan alat penggergaji, Aska belajar pertukangan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved