Breaking News:

Saat Wawancara Kerja, Harus Melebih-Lebihkan Potensi atau Katakan Apa Adanya?

Psikolog Integra HR Consulting, Patricia Yuanila merupakan seorang psikolog kota Semarang. Ia sudah berulangkali menjadi tim interview

wilujeng puspita dewi
Patricia Yuanila, Psikolog Integra HR Consulting yang terletak di Jalan Taman Sumbing 281, Semarang, Jawa Tengah 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Wilujeng Puspita Dewi

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Psikolog Integra HR Consulting, Patricia  Yuanila merupakan seorang psikolog kota Semarang. Ia sudah berulangkali menjadi tim interview yang menyeleksi calon pegawai di beberapa perusahaan besar.

Dalam melakukan interview, acapkali calon pegawai sangat berhati-hati dalam bertingkah dan bergesture. Sebagian besar menghindari gesture mata melirik ke kanan, karena dinilai bahwa gesture tersebut menandakan seseorang sedang berbohong.

"Tidak, kita tidak bisa menilai seseorang hanya dari lirikan mata," ungkap wanita berusia 35 tahun yang kerap disapa lala.

Bagi psikolog cantik tersebut, karakteristik seorang pegawai sebenarnya sulit dinilai saat interview yang notabenenya hanya berlangsung sekitar tigapuluh menit, bahkan kurang.

"Yang menjadi penilaian kami saat proses interview, sebenarnya adalah jawaban dari calon pegawai. Dan yang paling penting adalah konsistensi jawaban mereka," ungkapnya, Kamis (1/2/2018).

Menurut pengalamannya, kerap sekali para calon pegawai terjebak dengan jawabannya sendiri.

"Mereka kerap melebih-lebihkan diri mereka dan membohongi sendiri. Jadi jawabanya akan berubah ubah. Lebih baik saat interview, keluarkan jawaban yang jujur namun bersifat positif.

Psikolog yang membuka jasa konsultasi  di Jalan Taman Sumbing 281, Semarang, Jawa Tengah membeberkan, proses interview adalah proses mempromosikan diri. Jawaban yang baik saat menjawab pertanyaan interview adalah jawaban yang jujur namun bersifat positif. Bila harus menjelaskan kekurangan, segera timpali dengan kemauan untuk memperbaiki.

(Wilujeng Puspita Dewi)

Penulis: Wilujeng Puspita
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved