Dekan FIB Undip Ingin Laboratorium Bahasa Jadi Terbaik di Asia Tenggara

Pada Jumat (3/2/2018), Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Yos Johan Utama meresmikan Gedung Laboratorium Bahasa Terpadu

Penulis: deni setiawan | Editor: galih permadi
TRIBUN JATENG/DENI SETIAWAN
Rektor Yos Johan Utama secara simbolis meresmikan Gedung Laboratorium Bahasa Terpadu milik FIB Undip, Kampus Tembalang Kota Semarang, Jumat (3/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pada Jumat (3/2/2018), Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Yos Johan Utama meresmikan Gedung Laboratorium Bahasa Terpadu yang dimiliki Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Undip, Kampus Tembalang Kota Semarang.

Berbagai pihak, tak terkecuali Dekan FIB Undip Redyanto Noor pun bersyukur gedung berlantai tiga tersebut akhirnya secara resmi dapat digunakan untuk berbagai kegiatan. Setelah cukup lama atau lebih dari setahun penantian.

"Gedung Laboratorium Bahasa Terpadu FIB Undip itu dibangun pada Maret hingga September 2016. Total dana yang dikeluarkan untuk pembangunannya mencapai sekitar Rp 7 miliar. Laboratorium akan menjadi pelengkap aktivitas akademik di sini," kata Redyanto.

Kepada Tribunjateng.com, Jumat (3/2/2018), dia mengutarakan, ada dua ruangan khusus laboratorium di gedung tersebut. Masing-masing memiliki luasan sekitar 70 meter persegi. Dimana di tiap ruang tersebut tersedia 20 unit komputer.

"Di tiap ruangan pula tersedia satu proyektor vision dan perlengkapan pendukung lainnya yang dijamin pula sangat kekinian, sesuai perkembangan era digital seperti saat ini. Dari laboratorium itu pun akan kami jadikan sebagai laboratorium terbaik di Asia Tenggara," tandasnya.

Dia mengutarakan, selain lengkapnya fasilitas yang dimiliki dalam mendukung aktivitas baik intra maupun ekstra mahasiswa, secara berkala pula dilaksanakan kegiatan pelatihan bahasa. Tidak hanya bahasa Indonesia, tetapi juga berbagai bahasa asing yang ada di dunia.

"Pesan kami, tolong jadikan Laboratorium Bahasa Terpadu ini sebagai laboratorium yang mengutakan pelayanan terbaik dalam memfasilitasi kebutuhan para mahasiswa. Sehingga mereka pun semakin bangga memilikinya," ucap Yos Johan.

Dia menambahkan, hadir dan diresmikannya Laboratorium Bahasa Terpadu di FIB Undip tersebut pun semakin menguatkan program yang dijalankan pihak universitas khususnya di sepanjang 2018 ini. Yang menjadikan 2018 adalah Tahun Laboratorium Undip.

"Ini sekaligus kami jadikan percontohan guna memacu fakultas lainnya di Undip untuk segera menyediakan laboratorium yang fungsinya sebagai tempat atau sarana praktikum mahasiswa. Sehingga mereka pun semakin mudah dalam mengembangkan karya inovasinya. Yang secara otomatis pula, semakin banyak torehan prestasi di Undip," tuturnya.

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved