Kasus Pembunuhan

PGRI Jawa Tengah akan ke Sampang Madura Lagi

Muhdi mengutarakan, pengabaian terhadap pendidikan karakter tersebut terbukti dari berbagai kasus yang terjadi

PGRI Jawa Tengah akan ke Sampang Madura Lagi
tribunjateng/dok
Guru SMAN 1 Torjun, Sampang, Ahmad Budi Cahyono yang tewas di tangan muridnya. (surya/istimewa) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pada Rabu (7/2/2018), PGRI Provinsi Jawa Tengah berkunjung ke keluarga almarhum guru Seni Rupa SMA Negeri 1 Tojan Sampang Jawa Timur, Ahmad Budi Cahyanto.

Diberitakan sebelumnya, Budi Cahyanto meninggal dunia saat menjalani profesinya sebagai guru karena diduga dianiaya seorang muridnya.

Dan kasus di Sampang pun menjadi rentetan beberapa kasus lainnya seperti di Bandung Jawa Barat, Kota Semarang, dan belum lama ini di Purbalingga.

“Baik langsung maupun tidak langsung ini adalah efek salahnya dalam penerapan pendidikan di sekolah-sekolah. Yang seakan-seakan mengedepankan kecerdasan intelektualitas, tetapi mengabaikan pendidikan karakter,” jelas Sekretaris Umum PGRI Jawa Tengah, DR Muhdi SH MHum.

Kepada Tribunjateng.com, Jumat (9/2/2018), dia mengutarakan, pengabaian terhadap pendidikan karakter tersebut terbukti dari berbagai kasus yang terjadi itu. Dan yang terjadi di dunia pendidikan pun telah menjadi pukulan telak yang perlu disikapi serius, dicari solusi bersama.

“Kami di PGRI Jawa Tengah pun senantiasa berkomitmen untuk melakukan berbagai gerakan dan desakan kepada pemerintah maupun sekolah-sekolah untuk mewajibkan pelajaran pendidikan karakter itu,” tandasnya.

Menurutnya, berkaca dari beberapa kasus itu sudah cukup terlihat apabila pemerintah daerah maupun pihak sekolah seakan-akan abai terhadap pendidikan karakter terhadap anak didiknya. Akibatnya, ketika ada permasalahan pada diri mereka, dihadapi dengan cara emosional.

“Satu contohnya ya yang terjadi di Sampang itu. Kami di sana pun cukup banyak informasi dan menjadi pelajaran bersama. Kami pada 16 Februari 2018 ini akan ke sana lagi, bersama beberapa perwakilan pengurus PGRI kabupaten-kota di Jawa Tengah,” tuturnya. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved