Breaking News:

Cuaca Ekstrem

FOTO-FOTO Banjir Genangi Sayung Setinggi Satu Meter, Sunani Mengeluh Belum Dapat Bantuan

FOTO-FOTO Banjir Genangi Sayung Setinggi Satu Meter, Sunani Mengeluh Belum Dapat Bantuan, Rabu 14 Februari

Penulis: hesty imaniar | Editor: iswidodo
tribunjateng/hesty imaniar
TERGENANG - Rumah-rumah warga di RT 6 RW 6, Lengkong, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak tergenang banjir campur rob hingga setinggi kira-kira satu meter, Rabu (14/2/2018). Daerah di Sayung sudah rutin tergenang banjir, dan terkena abrasi laut yang parah. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Hesty Imaniar

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Sunani (47), warga RT 6 RW 6, Lengkong, Kecamatan Sayung, Demak ini mengeluh, hingga banjir pada Rabu (14/2/2018) yang menggenangi kawasan permukimannya dan sejumlah desa di Sayung lainnya ini, belum mendapatkan bantuan dari pihak manapun.

"Banjir ini semakin parah sejak Senin (12/2/2018) dini hari, awalnya hanya 30-40 cm sekarang sudah mencapai 1 meter. Dan bantuan logistik seperti makanan juga belum ada, padahal dapur di rumah daerah ini sudah tergenang air semua, bahkan obat untuk penyakit kulit, demam, dan masuk angin juga belum ada," katanya, lirih.

Banjir rob (air asin) ini kerap mendatangi kawasan Kecamatan Sayung, Demak, lantaran daerah itu dilalui oleh dua sungai, yakni Dompo dan sungai Sayung.

TERGENANG - Rumah-rumah warga di Lengkong, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak tergenang banjir campur rob hingga setinggi kira-kira satu meter,  Rabu (14/2/2018). Daerah di Sayung sudah rutin tergenang banjir, dan terkena abrasi laut yang parah.
TERGENANG - Rumah-rumah warga di Lengkong, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak tergenang banjir campur rob hingga setinggi kira-kira satu meter, Rabu (14/2/2018). Daerah di Sayung sudah rutin tergenang banjir, dan terkena abrasi laut yang parah. (tribunjateng/hesty imaniar)

Dimana kedua sungai itu mendapat aliran air dari sejumlah daerah seperti Semarang, Ungaran, dan Salatiga.

"Kami setiap tahunnya pasti terkena banjir, selain aliran debit sungai yang naik, kawasan Sayung memang sudah terjadi abrasi yang besar. Kami harap pemerintah baik Pemkab dan Pemprov Jateng, bisa segera membantu kami ini," kata Sunani kepada Tribunjateng.com.

Meski sudah ada informasi dari BPBD Demak, Sunani mengatakan bahwa belum ada bantuan yang masuk ke daerahnya itu.

"Mungkin bantuannya masih untuk daerah Sayung lainnya, karena hampir semua daerah di Sayung ini terkena bencana banjir, kami harap bantuan seadanya bisa sampai dengan merata di daerah Sayung ini," bebernya.

Lurah Sayung, Munawir, bahwa daerah Sayung memang merupakan daerah cekungan yang ada di Kabupaten Demak. Untuk itu, menurutnya, agar bisa mengatasi banjir rob dan banjir air biasa di Sayung, dibutuhkan pompa air yang diletakkan disejumlah tempat di kecamatan tersebut.

"Banjir ini disebabkan oleh hilir dari sungai Dompo dan Sayung yang debit airnya terus naik. Belum lagi ditambah dengan air laut yang meninggi, seperti rob, sudah dapat dipastikan lokasi ini akan banjir. Oleh karena itu, kami ingin juga dibantu dari segi pompa air, yang diletakkan di 4 titik, untuk bisa menanggulangi bencana banjir tahunan ini yang semakin parah," paparnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved