Pilgub Jateng

Polresta Solo Deteksi Munculnya Akun-akun Media Sosial Penyebar Kampanye Hitam

Memasuki masa kampanye Pilgub Jateng 2018, persebaran berita-berita hoax maupun kampanye hitam oleh akun-akun di sosmed mulai muncul.

Polresta Solo Deteksi Munculnya Akun-akun Media Sosial Penyebar Kampanye Hitam
TRIBUN JATENG/AKBAR HARI MUKTI
Penandatanganan deklarasi kampanye damai Pilgub Jateng 2018 di Aula Mapolresta Solo, Kamis (15/2/2018). (Tribun Jateng/Akbar Hari Mukti) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Memasuki masa kampanye Pilgub Jateng 2018, persebaran berita-berita hoax maupun kampanye hitam oleh akun-akun di media sosial mulai muncul.

Hal itu diungkapkan Kapolresta Solo Kombes Pol Ribut Hari Wibowo di acara Deklarasi Kampanye Damai Pilgub Jateng 2018 di Aula Mapolresta Solo, Kamis (15/2/2018).

"Sudah mulai ada bertebaran (kampanye hitam di media sosial,red). Sejak akhir tahun lalu suasana mulai hangat, artinya berita-berita menyudutkan calon sudah ada," katanya.

Menurutnya hal itu harus diwaspadai. Maka dirinya terus menginstruksikan jajarannya mengawasi akun-akun penyebar hoax tersebut lewat cyber patrol yang diketuai Wakapolresta Solo AKBP Andy Rifai

"Tim cyber patrol yang bermarkas di Mako 2 Polresta Solo kami tugaskan untuk menangkal itu," katanya.

Menurutnya, penyebaran berita-berita hoax maupun kampanye hitam sangat merugikan. Ia mengatakan kerugian akibat berita-berita hoax maupun kampanye hitam bukan dari pasangan calon yang disudutkan, tetapi lebih kepada masyarakat yang terlanjur percaya dengan hoax tersebut.

Ia menilai apabila masyarakat sudah percaya, maka sulit untuk mengubah mindsetnya. "Hal tersebut membuat konflik sosial terjadi di Solo hanya karena postingan-postingan tak bertanggungjawab," ujarnya.

Wakapolresta Solo AKBP Andy Rifai menambahkan pihaknya akan terus mengecek akun-akun penyebar kampanye hitam tersebut. "Kita akan cek terus, selama 24 jam," ujar dia.(*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved