Lukisan Abad ke-19 yang Hilang Ditemukan di Bagasi Bus Prancis.

Pada malam terjadinya pencurian lukisan, 31 Desember 2009, polisi tidak menemukan adanya adanya tanda-tanda perampokan ataupun pembobolan.

Lukisan Abad ke-19 yang Hilang Ditemukan di Bagasi Bus Prancis.
Lukisan abad ke-19 karya Edgar Deges yang berjudul "Les Choristes" atau "Penyanyi Kor", hilang dicuri pada 31 Desember 2009 malam. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Wilujeng Puspita Dewi

TRIBUNJATENG.COM, Sebuah lukisan dari abad ke-19 karya seniman Perancis, Edgar Degas hilang dicuri dari sebuah museum di Marseille, Prancis pada tahun 2009.

Lukisan tersebut berjudul "Les Choristes" atau "Penyanyi Kor" yang diperkirakan bernilai hingga 700.000 poundsterling atau sekitar Rp 13 Milyar.

Namun pada Jumat (23/2/2018) lalu, seorang petugas bea cukai Prancis berhasil menemukan lukisan tersebut yang tertinggal di sebuah bagasi bus.

Dilansir dari Time.com, Jumat (23/2/2018), Kementerian Kebudayaan Prancis mengatakan bahwa agen bea cukai di Marne-la-Vallee terkejut ketika menemukan sebuah karya seni yang bertuliskan "Degas" di dalam sebuah koper.

Sebelumnya, petugas beacukai tersebut tidak tahu bahwa lukisan dalam koper tersebut adalah lukisan Edgar Degas yang hilang.

Petugas telah mengumumkan siapa gerangan pemilik koper tersebut. Namun tidak ada satupun penumpang yang mengeklaim.

Saat ditelisik lebih jauh, petugas baru sadar ada nama "Degas" ditepi lukisan tersebut.

Petugas lantas menyerahkan lukisan tersebut kepada para ahli seni di Museum Orsay umtuk memastikan keasliannya.

Selanjutnya, penyelidikan terkait bagaimana lukisan tersebut dicuri dan berakhir di bagasi bus, diserahkan kepada satuan polisi Perancis khusus pencurian benda seni.

Halaman
12
Penulis: Wilujeng Puspita
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved