Breaking News:

Siswa SMAN 1 Semarang yang dikeluarkan Tetap Tidak Pilih Sekolah Pengganti yang Ditawarkan

Orang tua Anindya Puspita Helga Nur Fadhila, Suwondo, menyatakan anaknya tidak memilih sekolah pengganti yang ditawarkan Disdikbud

Penulis: m zaenal arifin | Editor: Catur waskito Edy
YOUTUBE
SMAN 1 SEMARANG gedung kuno 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Persoalan dikeluarkannya dua siswa SMAN 1 Semarang makin panjang.

Orang tua Anin, Suwondo, menyatakan anaknya tidak memilih sekolah pengganti yang ditawarkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah.

Sebelumnya, Disdikbud Jawa Tengah menawarkan sekolah pengganti bagi Anin dan Afif Ashor, yaitu SMAN 2, 6, 11 dan 13.

Disdikbud juga memberikan batas waktu kepada kedua siswa untuk menentukan pilihan hingga Kamis (1/3/2018) malam.

"Kami tidak ambil pilihan yang diberikan meski batas waktunya sampai tadi malam (kemarin--). Kami tetap maunya di SMAN 1 Semarang," kata Suwondo, Jumat (2/3/2018).

Batas waktu yang diberikan Disdikbud tersebut berkaitan dengan proses kepindahan siswa agar bisa mengikuti ujian nasional (UN) yang sebentar lagi akan digelar. Pasalnya, baik Anin maupun Afif, sebelum dikeluarkan dari sekolah, sudah duduk di kelas XII.

Suwondo menegaskan, sebagai orang tua dirinya mendukung keputusan sang anak. Dengan tidak memilih sekolah yang ditawarkan dan tidak diterima lagi di SMAN 1, artinya Anin tidak bisa sekolah dan tidak bisa mengikuti UN.

"Tidak apa-apa tidak ikut UN dan tidak lulus sekolah. Saya yang tidak sekolah saja bisa menghidupi keluarga. Kalau saya mengambil tawaran pindah sekolah, artinya saya mengakui kesalahan yang dituduhkan pada anak saya," jelasnya.

Berbagai upaya untuk bisa kembali ke SMAN 1 Semarang telah ditempuhnya. Ia mengadu dan meminta bantuan kepada Plt Gubernur Jawa Tengah, DPD RI Perwakilan Jawa Tengah, Ombudsman, dan lainnya. Namun upayanya belum ada hasil. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved