Cegah Redam Kenakalan Remaja, Bupati Jepara Ingin Ada Jam Malam

Ahmad Marzuqi ingin adanya jam malam. Menurutnya adanya jam malam mampu mencegah remaja, terutama pelajar

Istimewa
Pembinaan oleh Bupati Jepara Ahmad Marzuqi kepada anggota Satpol PP dan Damkar di gedung serba guna Setda Jepara, Senin (5/3/2018). (ist) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA – Bupati Jepara Ahmad Marzuqi ingin adanya jam malam. Menurutnya adanya jam malam mampu mencegah remaja, terutama pelajar untuk melakukan hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

“saya punya buah pikiran, manakala di daerah kita ini ada Perbup tentang jam malam. Saya yakin pembinaan kita atas moralitas generasi muda terutama pelajar akan berhasil,” kata Marzuqi saat melakukan pembinaan kepada anggota Satpol PP dan Damkar di gedung serba guna Setda Jepara, Senin (5/3/2018).

Marzuqi menjelaskan, jam malam tersebut nantinya akan membatasi anak usia remaja atau pelajar untuk melakukan kegiatan di luar rumah sampai pukul 21.00 WIB. Jika peraturan tersebut telah ditelurkan, ke depan Satpol PP bisa menindak remaja melalui teguran atau bahkan sanksi lainnya sebelum dikembalikan kepada orangtuanya.

“Ini masih jadi angan-angan kami terkait perilaku anak muda,” katanya.

Akan tetapi, lanjut Marzuqi, jika terdapat remaja atau pelajar yang kedapatan melakukan kegiatan di luar rumah yang mana kegiatan tersebut erat kaitannya dengan kegiatan sekolah maka diperbolehkan. Atau, kalau tidak, kegiatan yang melebihi batas waktu yang telah ditentukan diperbolehkan atas izin orang tuanya.

“Kasus-kasus dan tindakan yang mengarah tindak kriminal serta penggerusan moral akhlak remaja selama ini, kebanyakan dipicu oleh ulah pelajar dan remaja yang berkeliaran secara berkelompok di luar rumah hingga tengah malam, disertai dengan perilaku yang tidak selayaknya,” katanya.

Marzuqi berujar, jika peraturan tersebut masih menjadi angannya. Namun tidak menutup kemungkinan akan segera dibahan dengan stakeholder terkait payung hukum maupun perundang-undangannya.

“Petugas pelaksana peraturan daerah itu bisa bersinergi dengan aparat keamanan apakah itu Polri maupun TNI,” kata dia.

Dengan adanya peraturan jam malam, nantinya akan mendorong pelajar untuk memanfaatkan waktunya di rumah dengan berkegiatan yang positif. Selain itu juga bisa dikontrol oleh masing-masing orang tua.

Caption: Pembinaan oleh Bupati Jepara Ahmad Marzuqi kepada anggota Satpol PP dan Damkar di gedung serba guna Setda Jepara, Senin (5/3/2018). (ist)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved