Breaking News:

PENTING, Ini Perubahan Rute BST Terkait Pembangunan Overpass Manahan Solo

Pemkot Solo tengah menata sejumlah hal terkait proyek pembangunan Overpass Manahan Solo, yang rencananya dimulai pada 19 Maret mendatang.

Penulis: akbar hari mukti | Editor: iswidodo
tribunjateng/dok
PENTING, Ini Perubahan Rute BST Terkait Pembangunan Overpass Manahan Solo 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Pemkot Solo tengah menata sejumlah hal terkait proyek pembangunan Overpass Manahan Solo, yang rencananya dimulai pada 19 Maret mendatang.

Satu di antaranya dengan mengubah rute yang dilalui Batik Solo Trans (BST) Koridor 2 serta feeder arau angkutan kota Koridor 11.

Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Solo Taufiq Muhammad mengatakan pengubahan ini dilakukan karena terdampak manajemen rekayasa lalu lintas pembangunan Overpass Manahan.

"BST Koridor 2 saat ini melintas di Jalan Dr Moewardi dan Jalan Yosodipuro. Semula kami ingin mempertahankan rute tersebut, memberi jalur berbalik arah di dekat Manahan. Tapi setelah uji coba, bus kesulitan bermanuver, rutenya terpaksa kami sesuaikan," katanya, Senin (5/3/2018).

Ia menilai Dishub Solo saat ini mengkaji dua opsi rute baru untuk dilalui BST yang melayani rute Terminal Palur-Terminal Kartasura PP tersebut.

Apabila melewati lokasi proyek, rutenya Jalan Dr Moewardi-Jalan Hasanudin- persimpangan Jalan Dr Cipto Mangunkusumo-Jalan Yosodipuro.

Apabila tak melewati lokasi proyek, maka rutenya yakni Jalan Slamet Riyadi-persimpangan Jalan Dr Cipto Mangunkusumo-Jalan Yosodipuro.

"Untuk feeder BST Koridor 11 juga akan dialihkan, karena melewati perlintasan sebidang Manahan menuju Jalan Dr Moewardi. Saat Overpass Manahan dikerjakan, kawasan tersebut ditutup," papar Taufiq.

Ia memaparkan, rute baru yang disiapkan dari arah utara yakni Jalan Dr Setiabudi menuju Jalan MT Haryono-Jalan RM Said-Jalan Dr Soepomo-Pasar Mbeling-Jalan Yosodipuro sampai ke Jalan Dr Moewardi.

Untuk arah selatan, angkuta tersebut melintas di Jalan Dr Moewardi ke Jalan Hasanudin-persimpangan Pasar Nongko-Jalan RM Said-Jalan MT Haryono menuju Jalan Setiabudi.

"Untuk arus lalulintas Jalan Hasanudin didesain searah dari barat ke timur. Khusus Feeder Koridor 11 ini kami berlakukan contra flow," jelasnya.

Ketua Koperasi Trans Roda Sejati (TRS) Triyono menambahkan pihaknya telah menerima sosialisasi pengalihan jalur feeder. Menurutnya saat ini ada 35 unit feeder melayani koridor 11.

"Sosialisasi sudah oke. Tetapi kami harus menunggu hasil nanti di lapangan," ujar Triyono. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved