Liputan Khusus

TERNYATA Begini Cara Cari Uang dengan Jual Beli Akun Driver Online

Ia melayani pendaftaran untuk area operasi, Semarang, Salatiga dan Pekalongan. Harga yang ditawarkan terjangkau.

TERNYATA Begini Cara Cari Uang dengan Jual Beli Akun Driver Online
tribunjateng/dok
ilustrasi gadget 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Maraknya jual-beli akun driver online, menjadi peluang usaha yang menguntungkan bagi sebagian orang. Di media sosial (medsos) maupun situs jual beli online, banyak orang yang menawarkan jasa pembuatan akun driver online.

Tak hanya untuk satu jenis aplikasi dan satu wilayah. Penyedia jasa mengaku bisa mendaftarkan akun driver online, di berbagai aplikasi dan wilayah, sesuai dengan keinginan pemesan.

Satu di antaranya adalah Donny. Ia memasang iklan penyedia jasa pendaftaran untuk akun driver online, di sebuah situs jual-beli yang sudah sangat populer.

Ia melayani pendaftaran untuk area operasi, Semarang, Salatiga dan Pekalongan. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau.

Saat dihubungi Tribun Jateng, ia mengaku bisa membuatkan akun dalam jangka waktu satu hari. "Kalau datanya fresh, belum pernah dipakai, satu hari bisa jadi," ucapnya.

Namun, jika menggunakan data yang sudah pernah digunakan untuk mendaftar dan kemudian terkena suspend, ia tak bisa berjanji untuk cepat.

"Ngakali, dengan ngedit data yang sudah pernah kena suspend bisa, tapi lama dan berisiko, tak selalu bisa berhasil," kata dia.

Untuk pendaftaran akun dengan data fresh milik sendiri, ia tak mengutip biaya khusus, bahkan bisa gratis. Hanya, ia akan mengutip biaya 'keanggotaan' Rp 45.000 tiap minggu.

"Kami ini CV, berbadan hukum, jadi nanti driver akan berada di bawah naungan kami, daftar gratis, hanya dikenai biaya Rp 45.000 per minggu," jelasnya.

Sementara, untuk pendaftaran akun dengan identitas orang lain, dikenai biaya sekitar Rp 400.000. Uang itu, kata dia, sebagai kompensasi kepada orang yang telah dipinjam identitasnya untuk mendaftar.

"Itu kalau kita semua yang ngurusi, termasuk mencarikan orang yang bersedia dipinjam identitasnya, kalau situ mau cari orang sendiri ya bisa gratis, hanya kena biaya per minggu seperti yang diterangkan tadi," papar dia.

Seorang lainnya, sebut saja Izul, menjual akun driver online melalui facebook. Ia menjual akun driver online sebesar Rp 1.250.000. "Itu untuk akun mobil, kalau ojek motor online bisa kurang dari separuhnya," ucap dia.

Seorang yang identitasnya digunakan untuk mendaftar driver online, Sunyoto (bukan nama sebenarnya), mengaku tak khawatir identitasnya akan disalahgunakan untuk kejahatan. Untuk menampung uang hasil bisnis haram narkoba atau tindak pidana pencucian uang (TPPU), misalnya.

"Gak ada kepikiran sampai sana, saya yakin aman saja," katanya. Sebab, disampaikan ia hanya meminjamkan identitas kepada teman dekat yang sudah dikenalnya cukup lama. Ia tak meminjamkan identitas kepada sembarang orang.

"Identitas saya sudah dipakai untuk salah satu penyedia aplikasi. Saya tahu orangnya, wong namanya teman, dia memang tiap hari kerjanya jadi sopir taksi online," ucap dia. (tribunjateng/cetak/lipsus)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved