Pemkot Solo Akan Garap Pasar Legi Setelah Revitalisasi Pasar Klewer Timur dan Pasar Jebres Tuntas

Pemkot Solo berencana merevitalisasi Pasar Legi, usai revitalisasi Pasar Klewer sisi timur dan Pasar Jebres tuntas dibangun

Pemkot Solo Akan Garap Pasar Legi Setelah Revitalisasi Pasar Klewer Timur dan Pasar Jebres Tuntas
YOUTUBE
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Pemkot Solo berencana merevitalisasi Pasar Legi, usai revitalisasi Pasar Klewer sisi timur dan Pasar Jebres tuntas dibangun.

Hal tersebut dikarenakan Pemkot Solo bingung mencari lahan sebagai pasar darurat untuk para pedagang pasar Legi.

Wali Kota Solo FX Hadi rudyatmo memaparkan Pemkot Solo saat ini fokus untuk membangun Pasar Klewer timur dan Pasar Jebres. Meski begitu Wali Kota Rudy membantah Pemkot Solo abai pada rencana merevitalisasi Pasar Legi.

"Rencana revitalisasi Pasar Legi sudah ada. Tapi sampai sekarang kami belum mendapat lokasi pasar darurat," katanya, Rabu (7/3/2018).

Ia memaparkan bila alternatif lokasi pasar darurat di antaranya sepanjang Jalan Sabang, hingga Monumen 45 Banjarsari Solo.

Meski begitu ia menilai dua pilihan ini sukar dijalankan.

Rudy mengambil contoh, untuk Jalan Sabang, dinilai takkan mampu menampung ribuan pedagang Pasar Legi, ditambah aktivitas pasar yang 24 jam penuh.

Sedangkan untuk Monumen 45 Banjarsari, Pemkot Solo khawatir lokasi itu menjadi kumuh karena digunakan sebagai pasar darurat.

"Kami carikan tempat mana untuk pasar darurat. Seandainya sudah dapat, langsung kami bangun," ujar Rudy.

Disinggung terkait anggaran pembanginan Pasar Legi, Rudy menyatakan Pemkot Solo berusaha menyiapkan anggaran dalam APBD Kota Solo.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Solo Subagiyo menambahkan tahun ini ada tiga prioritas pembangunan pasar tradisional oleh Pemkot Solo.

Yakni Pasar Klewer sisi timur, Pasar Jebres, dan Pasar Tunggulsari.

Subagiyo merinci revitalisasi Pasar Klewer timur senilai Rp57 miliar dan Pasar Tunggulsari Rp6 miliar dari bantuan anggaran Kementerian Perdagangan (Kemendag).

"Untuk Pasar Jebres dibangun dengan bantuan anggaran APBD Provinsi Jawa Tengah Rp13,5 miliar," ujar dia. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved