Tambah 4 Koridor, Trans Semarang Akan Operasikan Armada Feeder Baru

Direncanakan siap beroperasi pada Mei 2019 mendatang, juga ada ada tambahan koridor VIII (untuk BRT) pada bulan yang sama

Tambah 4 Koridor, Trans Semarang Akan Operasikan Armada Feeder Baru
Istimewa
Rancangan armada Feeder Trans Semarang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Reza Gustav 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Badan Layanan Umum (BLU) Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Trans Semarang sudah memulai merencanakan operasional empat koridor armada baru di Kota Semarang pada 2019 mendatang.

Berdasarkan rilis yang diterima Tribunjateng.com, empat koridor tersebut akan diisi oleh Feeder, yakni armada sekelas ELF Long Chassis.

Direncanakan siap beroperasi pada Mei 2019 mendatang, juga ada ada tambahan koridor VIII (untuk BRT) pada bulan yang sama.

Penambahan koridor untuk Feeder itu dilakukan untuk menjamah wilayah perkampungan dan perumahan di Kota Semarang, karena wilayah-wilayah tersebut tidak mempunyai kualitas jalan yang memenuhi syarat untuk dilewati Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang.

Empat koridor tersebut yakni, Feeder IX (1) dengan rute Ngaliyan-PRPP (Jl Madukoro), Feeder X (2) dengan rute Ps. Banget Ayu-Kaligawe, Feeder XI (3) dengan rute USM Penggaron-Ungaran dan Feeder XII (4) dengan rute Ungaran-BSB.

Kepala BLU UPTD Trans Semarang Ade Bhakti Ariawan mengatakan bahwa penambahan koridor ini juga sebagai salah satu solusi terhadap permintaan warga masyarakat Kota Semarang terkait transportasi umum. 

Untuk diketahui, jumlah penumpang total BRT Trans Semarang pada 2016 sebanyak 7.725.490 penumpang dan 2017 sebanyak 9.125.472 orang. 

Menurutnya, dari angka Load Factor dan jumlah penumpang tersebut, dapat dilihat bahwa BRT Trans Semarang ini semakin diminati oleh warga masyarakat. 

“Dilihat dari angka-angka diatas, sedikit banyak kami sudah mencoba untuk selalu meningkatkan pelayanan dengan tujuan menjadi semakin banyaknya masyarakat yang beralih ke transportasi umum massal ini,” tutur Ade kepada Tribunjateng.com, Kamis (15/3/2018).

Menurut Ade, pihaknya sedang terus menerus melakukan perbaikan dalam pelayanan, contohnya penambahan koridor supaya lebih menjangkau seluruh wilayah kota, penambahan armada supaya headway antar armada tidak terlalu jauh, pembangunan passenger information system dan shelter yang nyaman bagi para penumpang. (rez)

Penulis: Reza Gustav Pradana
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved