Liputan Khusus

KEREN, Beli Barang Mahal dengan Fintech, Kredit Cepat Tanpa Syarat Rumit

Dengan layanan fintech, masyarakat dimudahkan melakukan transaksi keuangan, baik dalam pinjam-meminjam, pembayaran

KEREN, Beli Barang Mahal dengan Fintech, Kredit Cepat Tanpa Syarat Rumit
tribunjateng/dok
LIPUTAN KHUSUS 19 Maret 2018 dengan topik FINTECH atau Financial Technology 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Inovasi teknologi informasi (TI) menyasar ke semua sendi kehidupan, tak terkecuali sektor keuangan. Inovasi jasa keuangan yang lazim disebut financial technology (fintech) pun bukan lagi barang baru, dan hampir bisa diakses semua lapisan masyarakat.

Dengan layanan fintech, masyarakat dimudahkan ‎dalam melakukan transaksi keuangan, baik dalam soal pinjam-meminjam, pembayaran, maupun untuk berbelanja dengan cara kredit.

Satu konsumen fintech adalah MF Musa. Warga Kecamatan Mranggen, Demak itu merasakan mudahnya membeli barang dengah harga cukup mahal melalui cara kredit, meski tanpa menggunakan kartu kredit.

Dia menceritakan, ‎beberapa waktu lalu ia ingin membeli action camera, melalui sebuah perusahaan start-up, yang menyediakan mekanisme cicilan tanpa kartu kredit.
Ia pun kemudian men-download sebuah aplikasi yang disediakan perusahaan tersebut di playstore, dari ponsel Android miliknya.

=================================
*) Fintech memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam hal keuangan, misalnya layanan kredit untuk membeli sebuah barang, meski dengan batasan tertentu.
*) Syarat yang ditetapkan pun cenderung tidak serumit perbankan, yaitu download aplikasi, lalu isi aplikasi, disertai dengan ‎foto close-up wajah, KTP, KK, slip gaji, NPWP, dan foto diri.
*) Pembayaran angsuran fintech bisa dilakukan melalui beberapa pilihan, yaitu transfer bank, mobile banking, atau melalui toko berjejaring.
=================================

"Syaratnya sangat mudah, download dulu, lalu isi aplikasi, disertai dengan ‎foto close-up wajah, KTP, KK, slip gaji, NPWP, dan juga foto dengan background nama kantor tempat kerja saya," katanya, kepada Tribun Jateng, baru-baru ini.

Setelah semua persyaratan dipenuhi, Musa menuturkan, muncul pemberitahuan terkait dengan limit atau batasan kredit yang disetujui.

"Waktu itu limit untuk saya Rp 5 juta‎, tapi barang yang saya beli harganya gak sampai segitu. Satu hari langsung di-acc (disetujui-Red), prosesnya cukup cepat. Beberapa hari kemudian, barang sudah sampai di tangan," tuturnya.

Musa mengakui, kemajuan inovasi jasa keuangan atau fintech sangat membantu dan memudahkan. Ia tak perlu repot-repot keluar rumah untuk membeli barang, serta mengurus proses kredit.

Bahkan, ia berujar, bisa mengajukan cicilan untuk membeli barang sambil duduk santai sembari menyesap kopi di rumah.‎

Halaman
12
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved