Breaking News:

Mendesak, Pembangunan SPAM Semarang Barat

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal Kota Semarang berupaya mempercepat realisasi pembangunan SPAM Semarang Barat.

Penulis: m zaenal arifin | Editor: galih permadi
tribunjateng/dok
Mulai Tahun Depan PDAM Tirta Moedal akan Olah Air Waduk Jatibarang. Keseluruhan investasi untuk IPA Waduk Jatibarang menelan anggaran sekitar Rp 1 triliun. Pembangunan IPA dilakukan di Jatisari, Kecamatan Mijen, dengan kapasitas 200 liter per detik 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal Kota Semarang berupaya mempercepat realisasi pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Semarang Barat.

Upaya tersebut setelah mendapat persetujuan bantuan pendanaan dari Kementerian Keuangan.

Penjabat Direktur Utama PDAM Tirta Moedal Kota Semarang, M Farkhan menuturkan, pembangunan SPAM Semarang Barat bersifat mendesak.

Karena kebutuhan air bersih di sebagian besar wilayah Kota Semarang khususnya wilayah barat yaitu Semarang Barat, Ngaliyan dan Tugu, belum bisa terpenuhi dengan bahan baku yang sudah ada.

Ditambah lagi, penurunan permukaan tanah yang terjadi tiap tahunnya akibat ekspoitasi air bawah tanah yang dilakukan pihak-pihak tertentu.

Dengan adanya SPAM Semarang Barat, dapat menyuplai kebutuhan air baku untuk wilayah Semarang bagian bawah.

"Karena itu kami meminta pembahasan Raperda (Rancangan Peraturan Daerah--red) KPBU SPAM Semarang Barat ini dipercepat. Agar pembangunan yang direncanakan pada 2020-2021 bisa terealisasi," kata Farkhan, Senin (19/3/2018).

Dalam pelaksanaannya nanti, PDAM memberikan porsi kepada investor Rp 458 miliar untuk menginvestasikan dananya dari total kebutuhan anggaran sebesar Rp 1,1 triliun.

Sisanya nanti akan diback up oleh Pemkot Semarang dan Pemerintah Pusat. Karenanya, dalam Perdanya nanti dibuat Kerjasama Pemerintah Bersama Badan Usaha (KPBU).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved