Hentikan Kebiasaan Mengigit Kuku, Ini Bahaya dan Cara Menghentikannya

Ada banyak kebiasaan kecil yang kita lakukan setiap hari namun ternyata kurang baik bagi kesehatan.

Hentikan Kebiasaan Mengigit Kuku, Ini Bahaya  dan Cara Menghentikannya
Ilustrasi (fotyma/Thinkstock)
Menggigit kuku 

TRIBUNJATENG.COM - Ada banyak kebiasaan kecil yang kita lakukan setiap hari namun ternyata kurang baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah menggigit kuku.

Seperti dikutip dari Reader's Digest, Onychophagia (terminologi medis untuk menggigit kuku) tak sekadar merusak penampilan kuku-kuku.

Kebiasaan ini bahkan bisa menjadi pintu masuk bakteri di tangan ke dalam mulut dan peredaran darah.

Sekalipun sudah rajin mencuci tangan secara rutin, tentunya tangan kita tetap punya banyak kesibukan, menyentuh berbagai benda. Kotoran-kotoran di balik kuku juga bisa masuk ke dalam mulut.

Jika itu terjadi, maka bakteri akan masuk ke dalam mulut dan menyebabkan timbulnya sejumlah penyakit. Seperti demam, flu atau infeksi bakteri. Lebih jauh, kebiasaan menggigit kuku juga bisa merusak gigi.

Lalu, bagaimana menghentikan kebiasaan buruk ini? Dikutip dari elitedaily.com, setidaknya ada tiga cara yang bisa dilakukan. Pertama, mencari tahu alasan mengapa kamu melakukan kebiasaan itu.

Akademi Dermatologi Amerika (AAD) menyebutkan bahwa kebiasaan menggigit kuku bisa jadi dipicu karena melihat bagian kuku yang belum terpotong, atau hanya sekadar cemas dan bosan.

Jika rasa bosan menjadi salah satu alasannya, coba temukan hal lain untuk dilakukan sehingga kita lupa dengan kebiasaan lama.

Psikolog Jeremy Dean pernah menuliskannya di Psychology Today, bahwa untuk mengganti kebiasaan menggigit kuku kamu bisa mengunyah permen karet, menggosok kedua tangan atau menggenggam stress ball sehingga tanganmu tidak akan menganggur.

Cara lainnya, yakni menggunakan cat kuku. Baik pewarna kuku maupun nail polish sama-sama tidak enak dimakan dan rasanya (mungkin) pahit.

Dengan begitu, kebiasaan burukmu perlahan bisa dikurangi. Ketiga, jaga kuku agar tetap pendek. Jika kukumu pendek, tak ada yang bisa kamu gigit sehingga kebiasaan tersebut bisa perlahan dihentikan.

Hal terpenting adalah melalui tekad yang bulat. Jika ada niat, kamu pasti bisa menghentikan semua kebiasaan buruk yang kamu miliki dan mulai memikirkan kesehatan.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bahaya Kesehatan Di Balik Kebiasaan Menggigit Kuku",

Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved