Liputan Khusus

Investree Sudah Kelola Dana Rp 60 Miliar

Fintech di Semarang, Investree, mengklaim telah mengelola dana investor sekitar Rp 60 miliar.

Investree Sudah Kelola Dana Rp 60 Miliar
tribunjateng/dok
ILUSTRASI UANG RUPIAH 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Lembaga financial technology (fintech) yang mempunyai kantor perwakilan di Semarang, Investree, mengklaim telah mengelola dana investor sekitar Rp 60 miliar.

Dana itu didapatkan sejak lembaga pinjaman berbasis teknologi dengan skema peer to peer (P2P) lending tersebut membuka kantor perwakilan yang melayani wilayah Jateng-DIY pada pertengahan 2017 sampai sekarang.

"Dana milik investor yang kami kelola sejak berdiri hingga sekarang di kisaran Rp 50 miliar-Rp 60 miliar. Bersyukur, ‎sampai saat ini angka NPL (non performing loan atau kredit macet-Red) di kami masih nol persen," kata Head of Sales Investree Semarang, Achmad Fauzi, kepada Tribun Jateng, baru-baru ini.

Menurut dia, Investree berdiri sejak akhir Oktober 2015, tetapi baru efektif beroperasi pada awal ‎2016.

"Mulai masuk Semarang, dan melayani wilayah Jateng-DIY pada Juli 2017, dan kami secara resmi sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan)," tuturnya.

Achmad menuturkan, ‎terdapat dua produk pinjaman dana di Investree, yakni untuk pinjaman personal dan bisnis. "Dua jenis pinjaman tersebut syaratnya berbeda-beda," ujar dia.

Kendati mengaku prosesnya lebih cepat dan mudah dari bank konvensional, dia menambahkan, Investree tak‎ mau gegabah mengeluarkan dana pinjaman. Untuk pinjaman personal misalnya, tak bisa diberikan kepada ‎sembarang orang.

Investree hanya mau melayani orang per orang, di mana tempat kerja calon peminjam (borrower) telah menjalin kerja sama dengan lembaga P2P lending tersebut. Hal itu untuk meminimalisir terjadinya kredit macet atau gagal bayar.

Sementara, untuk peminjaman bisnis, calon borrower harus menyertakan legalitas perusahaan, data finansial, mutasi rekening, serta invoice yang hendak diajukan.

"Untuk pinjaman bisnis, prosesnya bisa sampai memakan waktu satu minggu‎. Tetapi kalau untuk repeat, atau bagi yang sebelumnya sudah pernah meminjam, tiga hari bisa cair," terangnya.

Halaman
12
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved