Hotline Public Service

Tindakan Medis Tambal Gigi

Apakah BPJS Kesehatan hanya memberikan satu jenis tambalan gigi kepada pesertanya,mohon infonya

Tindakan Medis Tambal Gigi
Ilustrasi (fotyma/Thinkstock)
Menggigit kuku 

SELAMAT pagi Tribun Jateng, mohon bantuan untuk pertanyaan saya mengenai BPJS Kesehatan
1. Apakah BPJS Kesehatan hanya memberikan satu jenis tambalan gigi kepada pesertanya,mohon infonya

2. Apabila lebih dari satu jenis tambalan gigi, apakah tiap faskes tingkat satu bisa mengajukan kepada BPJS Kesehatan untuk memberikan satu jenis tambalan saja kepada peserta bpjs kesehatan?

3. Mengenai kartu peserta baru yang harus memakai aplikasi, apakah benar? Apabila peserta tersebut tidak memiliki ponsel android, atau peserta BPJS Kesehatan orang yang "gaptek" mohon informasinya.

Mohon maaf kepada redaksi tribun jateng apabila pertanyaan saya terlalu panjang,dan terimakasih sebelumnya. Salam semarang gayeng.

bebenjo15@gmail.com

Jawaban

1. Penatalaksanaan penyakit pada gigi adalah s/d tuntas, sesuai tingkat kemampuan fasilitas kesehatan yang ada. Tidak ada pembatasan mengenai penambalan gigi.

2. Penjaminan pembiayaan pengobatan gigi dengan sistem kapitasi (di faskes primer) dan sistim Ina-CBGs yg ditetapkan oleh Tim/Kemenkes (di RS)

3. Kartu yang baru adalah Kartu Digital sudah diberlakukan. Hal ini mempermudah peserta karena dapat diakses dimanapun peserta berada, di samping kegunaan aplikasi lainnya (Kartu non digital masih tetap berlaku).

Nantinya Aplikasi JKN-mobile ini akan diwajibkan, kecuali bagi peserta PBI (Penerima Bantuan Iuran) yang terdaftar di perawatan kelas-III. (*)

Bimantoro
KCU BPJS Kesehatan Kota Semarang

Penulis: rahdyan trijoko pamungkas
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved