Pilgub Jateng

KPU Solo Sosialisasikan Pilgub Jateng 2018 Ke Ratusan Warga Binaan Rutan Solo

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo gelar sosialisasi Pilgub Jateng 2018 di Rutan Klas 1 A Surakarta, atau Rutan Solo

KPU Solo Sosialisasikan Pilgub Jateng 2018 Ke Ratusan Warga Binaan Rutan Solo
Tribunjateng.com/Akbar Hari Mukti
Sosialisasi KPU Solo di Rutan Solo, Selasa (27/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo gelar sosialisasi Pilgub Jateng 2018 di Rutan Klas 1 A Surakarta, atau Rutan Solo, Selasa (27/3/2018).

Ketua KPU Solo Agus Sulistyo beserta sejumlah anggota KPU Solo menyosialisasi sebanyak 200 warga binaan Rutan Solo tersebut di aula serbaguna yang ada di dalam rutan.

Agus Sulistyo, mengatakan kegiatan ini sebagai sosialisasi jelang Pilgub Jateng 2018 dan khusus dilakukan kepada warga binaan Rutan Solo. Ada sejumlah materi yang diberikan kepada warga binaan tersebut.

"Di antaranya seputar pendidikan pemilihan (Pilgub), teknis pemungutan (suara), memberikan suara, dan lain-lain," papar dia.

Menurutnya sosialisasi kepada para warga binaan ini harus tidak membosankan. Maka, sosialisasi dikemas unsur entertain, semisal nyanyi-nyanyian dan ketoprak.

"Intinya kita kemas secara lengkap. Ada unsur lengkap semisal hiburan dan pendidikan," katanya.

Agus pun memaparkan pihaknya telah menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) di Solo. Yakni ada 403.286 orang di DPS Solo. Ia mengatakan dari total jumlah tersebut, ada 1.171 pemilih difabel.

Kasi Pelayanan Tahanan Rutan Solo, Solichin, menambahkan pihaknya telah menyiapkan segala keperluan dalam Pilgub Jateng yang digelar 27 Juni 2018 mendatang di Rutan Solo.

Solichin membeberkan, nantinya bakal ada tempat pemungutan suara (TPS) khusus di rutan itu, tetapi dalam pelaksanaannya akan sama seperti TPS reguler.

Menurut Solichin, ada sebanyak 557 warga binaan Rutan Solo yang telah rekam data berdasar Pelaporan data Pemilih Pencocokan dan Penelitian (Coklit) tahap satu. Dari 557 warga ini, 230 warga berdomisili Solo.

"Selebihnya KTP luar Solo. Misalnya KTP Banjarnegara, Banyumas, Cilacap, Grobogan, Semarang, Pati, Magelang dan KTP Salatiga," ujarnya.

Meski begitu ia menjelaskan bila pihaknya tetap melakukan pendataan dan pemutahiran data hingga H-3 pemilihan gubernur.

"Hal itu dilakukan sebab jumlah penghuni rutan bisa berubah. Misal ada masa tahanan warga binaan yang selesai sebelum pelaksanaan Pilgub Jateng," katanya. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved