Breaking News:

Gadget Style

Aplikasi Editing Foto Instan VSCO Cam Disukai Muda Mudi, Ini Keunggulannya

Aplikasi Editing Foto Instan VSCO Cam Disukai Muda Mudi. Di VSCO Cam ini filter yang disediakan banyak sekali.

Penulis: Nur Rochmah | Editor: iswidodo
tribunjateng/m sofri kurniawan
Aplikasi Editing Foto Instan VSCO Cam Disukai Muda Mudi. Di VSCO Cam ini filter yang disediakan banyak sekali. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Mencoba mewujudkan imajinasi sebuah foto yang indah, Zakaria Al Anshori melirik aplikasi editing foto demi menunjang hasil yang memuaskan. Hal ini tentu saja dipengaruhi dengan adanya fenomena unggahan foto di akun Instagram yang kekinian.

Ia pun tak ingin ketinggalan, sebelum mengunggah foto ke akun media sosial, Zaka akan melakukan tahap editing terlebih dahulu. Harapannya agar foto bisa terlihat bagus dan memiliki karakter. Nah, satu di antara aplikasi yang kini menarik baginya adalah VSCO Cam.

"Awalnya aku mencari banyak info terkait aplikasi editing foto. Terus baca artikel di internet yang mengulas tentang VSCO Cam, ternyata isi ulasannya banyak juga para selebgram (selebriti Instagram) yang menggunakan aplikasi tersebut. Akhirnya aku mutusin download, terus menggunakannya dan ternyata memang benar hasil editing fotonya bagus," ujar Zaka kepada Tribun Jateng, Senin (19/3).

Sementara dari segi penggunan aplikasi ini terbilang sangat mudah. Zaka menuturkan, VSCO Cam tampil dengan straight-forward yang seimbang dari segi fungtionality dan fungsi sharing. Terdapat juga fokus manual yang bisa diatur sesuai dengan keinginan.

Tahap awal saat memulai editing foto, Zaka tinggal menambahkan gambar yang diinginkan dari galeri penyimpanan. Baru kemudian ia bisa mengatur tingkat kecerahan, exposure secara manual, dan ditambahkan filter agar nuansa foto jadi lebih bagus.

"Di VSCO Cam ini filter yang disediakan banyak sekali. Sampai aku tidak tahu jumlahnya ada berapa. Warnanya pun beragam dan banyak pilihannya. Untuk mendapatkan hasil foto yang diinginkan, sebenarnya ada rumus-rumus tertentu yang dipadupadankan, dan tutorialnya bisa didapatkan di Pinterest," imbuh pemilik akun Instagram @zakariaalanshori itu.

Sukristi Wulansari juga menyukai VSCO Cam. Aplikasi editing foto yang menurutnya memberikan pilihan banyak filter canggih. Selain itu, terdapat opsi untuk mengedit foto dan fitur-fitur sosial, yang memungkinkan Sukris, biasa ia disapa ini, secara instan dapat menampilkan gambar langsung di online.

"Saat menggunakan VSCO Cam, aku bisa menambahkan filter subtle, memotong, memiringkan, dan menajamkan gambar-gambar sesuai dengan keinginanku. Pastinya sangat cepat dan praktis, bagi orang awam seperti aku yang baru menggeluti dunia editing foto," bebernya.

Lebih lanjut, VSCO Cam ini merupakan aplikasi editing foto yang gratis bisa diunduh di iOS App Store maupun Google Play Store. Software ini mempunyai banyak fungsi, dari layanan eksplorasi foto, alat untuk mengambil dan mengedit gambar, dan layanan sosial untuk berbagi foto.

Pada mode kamera, Sukris bisa memanfaatkannya sebagai media hiburan. Karena VSCO Cam sendiri sudah dibekali overlay stiker wajah yang melacak dan memasang overlay bergaya kartun pada ekspresi wajah.

Selain itu, kameranya bisa juga digunakan untuk menangkap gambar secara langsung, dan hasilnya bagus layaknya memakai kamera DSLR. Lalu, terdapat juga fitur grid overlay dan mode crop. Terakhir pada ikon tengah navigasi, yang disebut dengan studio akan berfungsi untuk menambahkan dan mengedit gambar.

"Aku sering lihat turorial editing foto menggunakan VSCO Cam, teknik rumus dan pengaturan manualnya sangat membantu sekali. Misal aku sudah dapat hasil filter dan warna yang sesuai bisa langsung kusimpan, dan nantinya bisa aku aplikasikan ke gambar lainnya dengan cara meniru rumus tersebut. Jadinya terasa lebih mudah dan efisien," pungkasnya. (tribunjateng/cetak/nrh)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved