Kemenag Solo Harap Warga Tak Tergiur Umrah Murah

"Kalau harganya di bawah Rp 20 juta saya imbau tak usah ikut karena standar biayanya di atas Rp 20 juta," urai dia

Kemenag Solo Harap Warga Tak Tergiur Umrah Murah
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah barang bukti ditunjukkan saat gelar perkara kasus penipuan PT First Travel di Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (22/8/2018). Bareskrim Polri menetapkan tiga orang tersangka yakni Andika Surachman, Anniesa Desvitasari, dan Siti Nuraidah Hasibuan terkait kasus penipuan dan penggelapan dana calon jamaah umroh yang dilakukan PT First Travel yang kerugiannya mencapai Rp 848 Miliar. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Kementerian Agama (Kemenag) Solo harap warga tak tergiur ibadah umrah bertarif murah. Hal tersebut agar mengantisipasi penipuan dengan kedok biro perjalanan umrah dengan harga murah hingga di bawah standar.

Kasi perjalanan Haji dan Umrah (PHU) Solo, Rosyid Ali Safitri memaparkan bila banyaknya kasus penipuan biro perjalanan umrah akhir-akhir ini membuat pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui media, baik elektronik maupun cetak.

"Kami sosialisasi ke warga bila kemarin kami melakukan sosialisasi melalui radio dulu. Tapi ke depan nanti kami akan sosialisasikan melalui media cetak juga," ungkapnya, Kamis (29/3/2018).

Menurutnya sosialisasi ini fokusnya adalah imbauan ke warga yang ingin menjalankan ibadah umrah agar berhati-hati, terutama bila ada biro perjalanan umrah menawarkan biaya yang lebih murah.

"Kalau harganya di bawah Rp 20 juta saya imbau tak usah ikut karena standar biayanya di atas Rp 20 juta," urai dia.

Selain imbauan, ia menjelaskan Kemenag Solo telah mengumpulkan agen-agen perjalanan umrah di Solo.

Tujuannya, untuk memberi penjelasan terkait biro jasa umrah yang sesuai aturan Kemenag Semarang. Yakni, setiap biro jasa yang beroperasi di Solo harus mengantongi izin dari Kemenag.

"Bila ada yang belum mengantongi izin harus melakukan pengurusan terlebih dahulu," urainya. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved