Misteri Paskah dan Kuasa Kematian Rohani

Tema ini mengajak kita, khususnya umat Kristen, untuk bangkit dari berbagai keterpurukan untuk menjadi pelopor kebenaran dan peradaban kasih.

Misteri Paskah dan Kuasa Kematian Rohani
Tribun Jateng

Oleh Ignatius Dadut Setiadi

Anggota The Soegijapranata Institute
Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Unika Soegijapranata Semarang

TRIBUNJATENG.COM - Tema Paskah tahun 2018 yang telah ditetapkan oleh Persatuan Gereja Indonesia (PGI) adalah "Kuasa Kebangkitan Kristus Menjadikan Kita Hamba Kebenaran (Roma 6:18)".

Tema ini mengajak kita, khususnya umat Kristen, untuk bangkit dari berbagai keterpurukan untuk menjadi pelopor kebenaran dan peradaban kasih.

Paskah yang dilambangkan dengan wafat dan kebangkitan Yesus Kristus merupakan jawaban dan tindakan nyata dari Allah kepada umat yang beriman. Kematian di salib adalah bentuk kecintaan Allah kepada manusia sebagai ciptaan-Nya yang paling sempurna. Permenungan tentang kematian, semestinya membuat kita semua sebagai umat yang beriman semakin menyadari kebergantungan kita kepada Tuhan dan belas kasih-Nya.

Kematian merupakan sebuah misteri, yang setiap manusia akan mengalami dan tidak ada manusia yang tahu kapan akan mengalami kematian. Kematian juga dapat diartikan mati secara rohani karena dosa yang diperbuat oleh manusia.

Bila dikaitkan dengan situasi dan kondisi bangsa Indonesia dewasa ini, nyata bahwa sebagian masyarakat kita tengah mengalami kematian rohani. Hal ini bisa kita lihat bersama dengan banyaknya kasus-kasus, yang seakan-akan masyarakat sudah terbelenggu dengan kematian rohani karena dosa.

Beberapa kejadian yang menyita perhatian adalah megakorupsi E-KTP yang telah meramaikan pemberitaan di media cetak, elektronik, maupun media sosial. Karena megakorupsi ini yang menurut berita yang kita dengar merugikan keuangan negara Rp 5,6 triliun yang melibatkan para eksekutif, legislatif, dan pemimpin partai serta sudah menetapkan lebih dari dua tersangka dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mendengarkan 280 saksi. Kalau kita renungkan bersama ada hal yang paling mendasar yaitu bahwa kematian rohani karena dosa sudah menguasai hati dan budi mereka yang diduga terlibat dalam megakorupsi E-KTP tersebut.

Kebangkitan kasih

Kebangkitan adalah puncak dari penjelmaan. Kebangkitan mengukuhkan keilahian Kristus Yesus dan semua hal yang Dia lakukan. Kebangkitan memenuhi semua pelaksanaan janji Allah kepada kita umat-Nya. Kebangkitan juga menganugerahi kita rahmat keselamatan terhadap maut.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved