Disporapar Kendal Akan Gelar Kompetisi Wirausaha Muda

Pemenang dari kompetisi yang akan dimulai pada pertengahan bulan April ini digadang-gadang akan mewakili kabupaten di tingkat provinsi.

Disporapar Kendal Akan Gelar Kompetisi Wirausaha Muda
BNP2TKI
Ilustrasi wirausaha muda 

Laporan wartawan Tribun Jateng Dhian Adi Putranto

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Untuk menjaring para wirausaha muda untuk dikembangkan usaha mereka, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kendal akan mengadakan kompetisi wirausaha pemula.

Kompetisi wirausaha muda ini Disporapar bekerja sama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) kendal dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kendal.

Pemenang dari kompetisi yang akan dimulai pada pertengahan bulan April ini digadang-gadang akan mewakili kabupaten Kendal dalam kompetisi yang sama di tingkat provinsi.

Kabid Kepemudaan pada Disporapar Kendal, Sri Bagus Darmoyo mengatakan, sebelum kompetisi ini dimulai para calon peserta terlebih dahulu mengikuti tahap prakualifikasi yang sangat ketat.

"Pendaftaran sudah dibuka sejak 22 Maret sampai 12 April langsung ke kantor Disporapar. Syarat utama peserta yaitu berusia 16-30 tahun dan memiliki usaha rintisan pemula. Boleh perseorangan maupun kelompok," ujarnya, Jumat (30/3).

Pada tahap prakualifikasi, para peserta terlebih dahulu diseleksi dengan melihat proposal dan kelengkapan Administrasi peserta. Jika pada tahap ini lolos maka peserta akan melaju ke tahap wawancara mengenai usaha yang dijalani.

"Prakualifikasi selanjutnya adalah wawancara pada tanggal 17-19 April. Jika ini lolos maka melaju ke tahap akhir, yakni survey lokasi dan verifikasi usaha peserta yang bertujuan untuk memastikan keberadaan usaha tersebut," paparnya

Nantinya setelah melalui beberapa tahap yang ketat, maka akan terpilih 50 peserta yang akan diajak studi banding ke sebuah wirausaha yang telah maju baik dari segi produksi, promosi dan manajemen agar para wirausaha dapat mengembangkan usaha mereka.

"Kompetisi ini nantinya sebagai persiapan atau seleksi untuk kompetisi yang sama di tingkat Provinsi, sehingga seleksi administrasi hingga verifikasi harus ketat,"katanya.

Sementara itu, Ketua KNPI Kendal, Nanang Husni Faruk mengatakan, diharapkan kegiatan ini dapat menumbuhkan jiwa wirausaha pada anak muda dan membuat mereka menekuni wirausaha.

"Suatu daerah bisa maju apabila wirausaha di daerah tersebut maju. Karena majunya wirausaha akan membuka lapangan pekerjaan," pungkasnya. (*)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved