Di Rusia, Parkir Mobil Sembarangan Bakal Digaruk Seperti Ini, Bagaimana di Kota Anda?

Tapi sanksi-sanksi itu seolah tak ada apa-apanya dibandingkan dengan sanksi yang ditetapkan di Rusia.

Di Rusia, Parkir Mobil Sembarangan Bakal Digaruk Seperti Ini, Bagaimana di Kota Anda?
YouTube
Parkir Ilegal 

TRIBUNJATENG.COM - Sanksi apa yang umum diterapkan di Indonesia untuk mereka yang parkir sembarangan? Ada yang diberi karcis tilang, ada yang bannya dikempesin, ada yang rodanya digembok dan yang paling ekstrem diangkut dengan cara diderek.

Tapi sanksi-sanksi itu seolah tak ada apa-apanya dibandingkan dengan sanksi yang ditetapkan di Rusia.

Mereka mengerahkan truk kendaraan berat dengan lengan hidrolik yang akan mencengkeram dan menghancurkan atap mobil yang parkir sembarangan. Kemudian, mobil-mobil itu diangkut ke dalam bak truk.

Ini terlihat dalam sejumlah video yang diunggah ke YouTube dan LiveLeak.

Namun begitu tidak dijelaskan, pelanggaran parkir di kawasan apa maupun berapa lama mereka memarkir kendaraannya.

Rusia memang memiliki masalah serius dengan urusan parkir. Bahkan ketika masa kepemimpinan Presiden Dmitriy Medvedev tahun 2010 lalu, masalah parkir menjadi fokus perhatian pemerintah. 

Wajar saja, warga di Moskow terbiasa parkir di trotoar, atau rumput. Mereka digunakan untuk parkir secara ilegal di jalan-jalan, dan memblokir lalu lintas atau pemberhentian bus dan trem. 

Mereka juga kerap kali menutup gang-gang di halaman, dan menghambat pergerakan kendaraan darurat. Ini menjadi masalah serius yang menghambat cita-cita negara menjadikannya pusat bisnis dunia gara-gara terjadi kemacetan dimana-mana. 

Dikutip Tribunjateng.com melalui Tribunjogja.com dari LiveJournal, di masa lalu, polisi lalu lintas Rusia (Inspektorat Keselamatan Jalan Negara, atau GIBDD) tidak bisa berbuat banyak tentang parkir ilegal.

Para pemilik mobil umumnya tak jera dengan denda kecil. Sementara itu, pengemudi mempertahankan diri dengan mengatakan bahwa gedung, apartemen, dan infrastruktur Moskow dibangun dengan sedikit lahan parkir.

Secara statistik, dengan 11,5 juta orang populasi, mungkin ada setidaknya 3,5 juta kendaraan di Moskow, atau sekitar tiga kendaraan untuk setiap 10 penduduk. 

Pada akhir 2010, kantor walikota di Moskow melaporkan bahwa kota itu memiliki 920.000 ruang parkir bersama dengan defisit sekitar 2,3 juta. Itu akan berjumlah 3,2 juta kendaraan di Moskow.

Bukan hanya kawasan megapolitan di Rusia yang mengalami masalah ini. Kota-kota pinggiran juga memiliki masalah parkir yang menyerupai kota Moskow atau St. Petersburg. Tingkat kepemilikan mobil mereka tidak jauh berbeda dengan kedua kota terbesar itu. (*) 

Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved