Dishub Salatiga Ajak Siswa SMA Jadi Pelopor Sadar Berlalulintas

Dinas Perhubungan Kota Salatiga menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Kebijakan di Bidang Perhubungan Tahun 2018.

Dishub Salatiga Ajak Siswa SMA Jadi Pelopor Sadar Berlalulintas
tribunjateng/ponco wiyono
Dinas Perhubungan Kota Salatiga menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Kebijakan di Bidang Perhubungan Tahun 2018. Acara dibuka oleh Walikota Yuliyanto, Senin (2/4/2018). 

Laporan wartawan Tribun Jateng, Ponco Wiyono

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Dinas Perhubungan Kota Salatiga menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Kebijakan di Bidang Perhubungan Tahun 2018.

Ketua panitia Agung Nugroho mengatakan, kegiatan ini digelar sebagai upaya meningkatkan keselamatan, ketertiban serta kesadaran berlalulintas terutama di kalangan pelajar tingkat SMA.

Sosialisasi ini akan digelar selama dua hari, yakni pada Selasa hingga Kamis (3-5/4/2018) di Gedung Pertemuan Daerah (GPD) Salatiga. Pembukaannya sendiri dilakukan pada Senin (2/4/2018) oleh Walikota Yuliyanto.

"Dari 200 peserta sosialisasi, akan dipilih 30 siswa untuk mengikuti Pemilihan Pelajar Pelopor. Tujuan dari rangkaian kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan terutama bagi generasi muda tentang peraturan perundang-udangan sehingga tercipta kesadaran berlalu lintas dan meningkatkan keselamatan lalin," kata Agung.

Dikatakan, berdasarkan data kecelakaan lalu lintas angka terbesar didominasi sepeda motor yang merupakan anak-anak usia sekolah. Agung menyebutkan, usia yang masih tergolong remaja serta tingkat emosi yang masih tinggi juga menjadi salah satu penyebab berkurangnya konsentrasi dalam mengendalikan kendaraan di jalan.

Demikian halnya yang disampaikan oleh Walikota Salatiga yang turut memberikan materi. Walikota memaparkan data yang dilansir World Health Organization (WHO), bahwa kecelakaan lalu lintas merupakan pembunuh terbesar ketiga setelah jantung koroner dan tuberkolusis.

“Kalian yang hari ini berada di sini adalah anak-anak yang terpilih dari sekolah. Maka dari itu kalian mengemban tugas untuk menyebarluaskan pengetahuan ini, kampanyekan keselamatan berlalu lintas kepada teman-teman di sekolah,” pesan Walikota.

Dalam kegiatan tersebut, narasumber yang dihadirkan antara lain dari Dinas Perhubungan, Sat Lantas Polres Salatiga, Jasa Raharja, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan juga PT Astra. Turut menghadiri pembukaan kegiatan antara lain Asisten Perkonomian dan Pembangunan Sekda, dinas terkait dan perwakilan sekolah. (*)

Penulis: ponco wiyono
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved