Liputan Khusus

News Analysis: Pahit Bagi Pengusaha Percetakan

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 di tahun ini, akan terasa pahit untuk para pemilik usaha percetakan di wilayah Jawa Tengah.

News Analysis: Pahit Bagi Pengusaha Percetakan
Tribun Jateng

Oleh Bayu Bagas Hapsoro

Ekonom Unnes

TRIBUNJATENG.COM - Pemilihan  Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 di tahun ini, akan terasa pahit untuk para pemilik usaha percetakan di wilayah Jawa Tengah.

Hal ini tidak lain merupakan imbas, dari mulai diberlakukannya Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomer 4 Tahun 2017 tentang Kampaye Pemilihan gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Dalam peraturan tersebut, khususnya dalam pasal 5, tercantum aturan yang mengatur tentang pelaksanaan kampanye, dimana penyebaran Bahan Kampanye, dan pemasangan Alat Peraga Kampanye, akan difasilitasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kondisi tesebut, tentu akan berdampak langsung pada sepinya order yang akan diterima oleh para pemilik usaha percetakan, jika dibandingkan dengan pilgub periode sebelumnya.

Sementara itu, jika dilihat lebih dekat, maka sebetulnya peraturan ini muncul dari hasil evaluasi pelaksanaan pemilu sebelumnya.

Dengan aturan baru ini, masyarakat tidak akan lagi melihat maraknya "sampah visual" yang menjamur di sejumlah jalan protokol selama pelaksanaan kampanye berlangsung.

Perlu diingat, bahwa tidak semua Alat Peraga Kampanye (APK) yang digagas oleh tim sukses pasangan calon pemimpin daerah, memenuhi standar kelayakan, bahkan tidak jarang pula pada periode sebelumnya, justru menggunakan cara yang ilegal, misal dengan memaku langsung di pohon, atau menempatkan di tempat yang memang bukan peruntukannya.

Sementara itu, sejumlah dampak negatif juga dimungkinkan terjadi, salah satunya adalah berkurangnya pendidikan politik di ranah publik untuk masyarakat Jawa Tengah.

Halaman
123
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved