Breaking News:

Bolehkah Membunuh Kera Jika Dirasa Meresahkan? BKSDA Jateng: Boleh Dibasmi

BKSDA Jateng mempersilakan warga sekitar Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang menghalau serangan kera ekor panjang

tribunjateng/Akhtur Gumilang
Puluhan kera ekor panjang bermunculan di rumah-rumah warga di sekitar kawasan Unika Soegijapranata, Gajahmungkur, Semarang, Senin (2/4/2018) sore ini. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jateng meminta kepada warga sekitar Jalan Pawiyatan Luhur, Kecamatan Gajahmungkur, Semarang untuk berani menangkal serangan apabila kera ekor panjang mulai mengganggu dan masuk ke pemukiman setempat.

Kepala BKSDA Jawa Tengah Suharman mengatakan, jika sudah merasa terganggu, maupun menganggap kawanan kera sebagai musuh atau hama, maka masyarakat berhak menghadapi hewan primata tersebut.

Sebab, hal itu sudah tercatut di PP Nomor 8 Tahun 2015 tentang kinerja BKSDA yang menganjurkan membasmi hewan yang tidak dilindungi (hewan non-konservasi) jika meresahkan warga atau masyarakat.

Baca: Soal Kera Hutan Tinjomoyo Masuk Permukiman, BKSDA Jateng Belum Terima Laporan

Baca: Nina Lihat Kawanan Kera Berupaya Membuka Pintu Rumah Warga di Gajahmungkur

Meski begitu, Suharman berpendapat secara pribadi masih tidak tega untuk memberantas hewan seperti monyet yang meresahkan.

"Monyet/kera itu bukan termasuk hewan yang dilindungi. Tidak ada kaitan hukum sama sekali yang mengatur soal ekosistem monyet ekor panjang. Monyet yang mengganggu warga boleh dibasmi. Kalo Orangutan dan Harimau Jawa baru dilindungi," ungkap Suharman, saat ditemui Tribunjateng.com, Selasa (3/4/2018).

Menurutnya, membunuh monyet menjadi masalah etika karena yang berkembang ditengah masyarakat bahwa monyet punya karakter seperti manusia.

Dalam hal ini, Suharman menjelaskan bahwa pandangan orang saat melihat monyet dibunuh sama dengan ketika seekor kucing ditembak.

Halaman
12
Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved