Tingkatkan Literasi Baca Siswa, Disperpuska Kabupaten Batang Gelar Lomba Bercerita

Selain dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Batang, lomba bercerita juga bertujuan untuk meningkatkan literasi baca siswa.

Tingkatkan Literasi Baca Siswa, Disperpuska Kabupaten Batang Gelar Lomba Bercerita
Tribunjateng.com/Dina Indriani
Siswi SDN Tersono Naila Faradayana, salah satu peserta lomba bercerita, di Pendopo Disperpuska, Rabu (4/4/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani.

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Memperingati HUT Batang ke-52, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpuska) Daerah Kabupaten Batang menggelar lomba bercerita guru dan siswa SD, Rabu (4/4/2018).

Selain dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Batang, lomba bercerita juga bertujuan untuk meningkatkan literasi baca siswa.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Disperpuska Daerah Kabupaten Batang, Rahmat Nurul Fadilah.

"Dengan gemar membaca maka mereka akan bisa bercerita, sehingga hari demi hari gemar membaca dapat teraktualisasikan dalam bentuk bercerita," tuturnya.

Ia mengatakan lomba bercerita tema yang diberikan yaitu kekhasan budaya lokal daerah, hal tersebut untuk mendukung agar budaya lokal tetap berkembang di tengah-tengah masyarakat karena tidak dipungkiri kemajuan informasi teknologi juga berdampak prilaku dan budaya masyrakat.

“Literasi baca masyarakat Indonesia sangatlah rendah dan masuk dalam urutan ke-60 di dunia tingkat membacanya, maka kita berusaha menggugah masyarakat untuk gembar membaca dengan lomba bercerita,” terangnya.

Peserta lomba dibagi menjadi dua kategori yaitu guru dan siswa SD 15 guru dan 15 siswa perwakilan dari masih masing perwakilan.

Pemenang dalam lomba akan diberikan piala dan juga hadiah berupa uang

"Sebagai penyemangat untuk peserta lomba dan bentuk apresiasi, kami sudah sediakan piala dan uang untuk pememenang lomba," tuturnya.

Kepala Bidang Perpustakaan, Linda Kusuma juga menambahkan bahwa nantinya pemenang dalam lomba akan diikutkan dalam lomba bercerita tingkat provinsi.

"Selain ada hadiah sebagai bentuk apresiasi, lomba ini juga untuk menyaring siswa yang nantinya akan diikutkan dalam lomba tingkat provinsi," tuturnya kepada Tribunjateng.com. (*)

Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved