Duh, Patung Raksasa Kaisar Pertama China Roboh Tertiup Angin Kencang

Patung raksasa kaisar pertama China Qin Shi Huang seberat 6 ton roboh dan terjatuh dari alasnya akibat tertiup angin kencang

Duh, Patung Raksasa Kaisar Pertama China Roboh Tertiup Angin Kencang
Para pekerja mengangkat patung kaisar pertama China Qin Shi Huang yang roboh di Binzhou, provinsi Shandong, China. Foto ini diambil pada 7 April 2018. (AFP) 

TRIBUNJATENG.COM - Patung raksasa kaisar pertama China Qin Shi Huang seberat 6 ton roboh dan terjatuh dari alasnya akibat tertiup angin kencang.

Patung Qin Shi Huang terbuat dari tembaga dengan tinggi 19 meter itu jatuh dari alasnya yang terbuat dari batu, yang terletak di destinasi wisata populer, di Binzhou, Provinsi Shandong, pada Jumat (6/4/2018).

Dilansir dari BBC, Senin (9/4/2018), bagian wajah dari patung tersebut mendarat di tanah sehingga menghancurkan kepala kaisar.

Pihak berwenang mengirim tim pekerja yang dengan segera tiba di lokasi membawa alat berat untuk mengambil sisa-sisa logam.

"Ini merupakan hal yang tidak bisa Anda sembunyikan dari orang-orang," ujar seorang pekerja kepada Global Times.

"Semua orang punya telepon sekarang. Bagaimana Anda bisa menutupi ini," tambahnya.

Foto patung yang terguling dari alasnya itu memperlihatkan bagian tengah patung kosong, hanya ditopang oleh kerangka logam.

AFP melaporkan, monumen tersebut dibangun pada 2005 untuk menarik perhatian turis lokal.

Qin Shi Huang merupakan pendiri Dinasti Qin dan diyakini sebagai orang pertama yang menyatukan wilayah utama China modern dengan penaklukan sekitar tahun 221-206 SM.

Qin Shi Huang membangun bagian pertama dari Tembok Besar China. Makamnya dikelilingi oleh patung ribuan prajurit terakota yang terkenal. Penemuan prajurit terakota di situs Qin Shi Huang telah diakui UNESCO sebagai situs warisan dunia pada 1987.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Patung Raksasa Kaisar Pertama China Roboh Tertiup Angin

Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved